Rabu, 30 Mei 2018 20:11 WIB

Duh! Face Unlock OnePlus 6 Gampang Dikelabui

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
OnePlus 6. Foto: Sina Mobile OnePlus 6. Foto: Sina Mobile
Jakarta - Fitur face unlock menjadi salah satu fitur unggulan yang dihadirkan di smartphone terbaru OnePlus, yakni OnePlus 6. Namun, sayang fitur face unlock di OnePlus 6 tak seaman yang diperkirakan.

Pasalnya, menurut pengujian yang dilakukan oleh salah seorang pengguna, ditemukan bahwa face unlock di OnePlus 6 bahkan bisa dibuka dengan mudah hanya dengan foto print wajah. Pengalaman ini dibagikan oleh pengguna Twitter dengan akun @rikvduijn.

Lewat postingan berbentuk video, Rik menceritakan bahwa ia mencoba untuk membuka kunci ponsel dengan sebuah gambar print wajahnya. Hasilnya cukup mengagetkan, karena ponsel terbuka begitu saja.

Padahal gambar diprint menggunakan tinta hitam putih. Kertas bergambar wajah Rik dipegang oleh temannya. Lalu temannya menempelkan gambar tersebut ke wajahnya, seolah-olah menggunakan wajah Rik.



"Aku mencetak wajahku untuk membuka OnePlus 6-ku. Berhasil," cuitnya.

Ini memang bukan pertama kali OnePlus menghadirkan fitur face unlock. Fitur ini pertama kali hadir di OnePlus 5T. Menjaga terjadi hal yang tidak diinginkan, kabarnya OnePlus mengembangkan sebuah solusi bersama dengan perusahaan keamanan asal China, SenseTime. Namun hasilnya tak memuaskan.

Pihak OnePlus pun memberikan tanggapan. "Meski kami mengoptimalkan keamanan face unlock, kami selalu merekomendasikan menggunakan password, PIN atau pemindai siidk jari saja. Kami secara konstan mengembangkan semua teknologi kami termasuk face unlock," kata vendor asal China ini. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed