Jumat, 25 Mei 2018 20:20 WIB

Risiko di Balik Smartphone Android Terlalu Murah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi smartphone. Foto: GettyImages Ilustrasi smartphone. Foto: GettyImages
Jakarta - Banyak vendor smartphone yang saat ini bersaing untuk merilis produk yang murah namun berkualitas. Namun, harus berhati-hati jika membeli smartphone Android yang kelewat murah.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Avast Threat Labs, lebih dari 100 smartphone murah dari vendor seperti ZTE, Archos, dan myPhone entah bagaimana dideteksi memiliki malware yang sudah diinstall sebelumnya. Malware ini menginfeksi pengguna di lebih dari 90 negara, termasuk Amerika Serikat, dikutip detikINET dari Gizmodo, Jumat (25/5/2018).

Adware yang disebut "Cosiloon" ini sudah beredar sejak tahun 2016. Adware ini juga sangat sulit untuk dihapus karena tertanam langsung di firmware smartphone. Saat ini, Avast mendeteksi kehadiran Cosiloon di 18.000 perangkat.

Ada dua varian Cosiloon yang dideteksi Avast. Varian pertama menginstall payload yang kemudian memunculkan iklan pop-up yang menawarkan games atau aplikasi.

Sedangkan varian kedua terbilang lebih ganas dan tertanam lebih dalam di firmware. Varian ini mampu memperlihatkan aplikasi, menginstall APK tambahan dari internet, dan mengirimkan data pribadi seperti nomer IMEI, Mac address dan nomer telepon ke server.

Hampir semua perangkat yang datang dengan malware tidak disertifikasi oleh Google dan installer itu ditambahkan oleh pabrik, OEM, atau operator.

Untuk pengguna yang memiliki smartphone yang telah terinfeksi ini dapat menggunakan Google Play Protect untuk menonaktifkan Cosiloon. Untuk menghapus payload secara manual, pengguna dapat menggunakan aplikasi antivirus yang terpercaya.


Tonton juga, cara agar smartphone androidmu makin ngebut:

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed