Jumat, 25 Mei 2018 12:42 WIB

Ponsel Keluaran Bapak Android Gagal Total

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Ponsel Essential. Foto: Android Central Ponsel Essential. Foto: Android Central
Jakarta - Proyek ponsel Essential 2 dikabarkan tidak akan pernah terjadi. Hal ini disebabkan karena ponsel Essential generasi pertama tak menghasilkan penjualan yang begitu signifikan. Padahal ponsel tersebut merupakan hasil rancangan sang pencipta sistem operasi Android, Andy Rubin.

Dari sisi desain, smartphone Essential menjadi ponsel pertama yang hadir dengan notch. Namun demikian, nasib ponsel itu tak seberuntung iPhone X yang menjadi smartphone terlaris saat ini.

Essential coba untuk tetap bertahan dengan mempersiapkan smartphone generasi selanjutnya. Namun dilaporkan The Verge dari Bloomberg, Jumat (25/5/2018), menyatakan bahwa pengembangan smartphone generasi selanjutnya telah dibatalkan.

Proyek Essential tercatat telah menghabiskan lebih dari USD 100 juta untuk mengembangkan produk pertamanya. Jumlah itu sekitar sepertiga dari dana yang digelontorkan untuk membangun perusahaan.



Ponsel itu memulai debutnya dengan layar yang membentang hampir tanpa bezel dan menjadi ponsel dengan notch pertama di dunia. Casing-nya pun unik karena menggunakan material keramik sebagaimana Google Pixel.

Essential juga diketahui telah mengerjakan model baru, namun akhirnya pengembangannya dibatalkan. Ada laporan bahwa Andy Rubin seakan sudah menyerah dan ingin menjual startup tersebut. Sumber terkait menyebut Essential telah menyewa Credit Suisse untuk mengeksplorasi kemungkinan penjualan perusahaan.

Essential sendiri dirilis pada Agustus tahun lalu setelah beberapa pekan tertunda sebelumnya. Namun dari apa yang dilaporkan oleh Bloomberg, hingga saat ini, ponsel pertama dan satu-satunya karya Andy Rubin ini hanya menembus angka penjualan sekitar 150 ribu unit. Bisa dibilang, Essential telah gagal total.



Tonton juga 'Apple Sindir Android Setelah Galaxy S9 dan S9+ Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed