Selasa, 22 Mei 2018 13:17 WIB

Samsung Rilis Galaxy S8 Versi Murah Tapi Tetap Mahal

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Galaxy S Light Luxury. Foto: istimewa Galaxy S Light Luxury. Foto: istimewa
Jakarta - Samsung merilis versi murah dari salah satu lini smartphone flagship miliknya, yaitu Galaxy S8. Walau dibanderol lebih rendah, namun ponsel yang diberi nama Galaxy S Light Luxury ini tetap membawa sejumlah keunggulan milik pendahulunya tersebut.

Secara keseluruhan, penampakan Galaxy S Light Luxury mirip dengan Galaxy S8 dengan sama-sama mengusung layar melengkung berukuran 5,8 inch dengan aspek rasio 18:5:9. Walau begitu, resolusi layarnya diturunkan menjadi 2220 x 1080, dari yang sebelumnya 2960 x 1440.

Selain itu, ponsel ini juga masih mempertahankan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu serta tombol khusus Bixby di sisi samping bodi. Sejumlah fitur tambahan seperti wireless charging, pemindai iris, pengenal wajah, Samsung Pay, hingga dukungan jaringan 4G LTE juga dipertahankan, walau sensor detak jantung dihilangkan.

Menariknya, ponsel ini justru memiliki satu hal yang bisa dibilang peningkatan dari pendahulunya. Jika S8 memiliki kamera belakang dengan resolusi 12 MP, Galaxy S Light Luxury mendapat peningkatan menjadi 16 MP. Di samping kamera belakang, masih terdapat pemindai sidik jari. Untuk kamera depan, keduanya sama-sama memiliki resolusi 8 MP, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Selasa (22/5/2018).

Samsung Resmikan Galaxy S8 Versi MurahFoto: istimewa


Meski begitu, karena labelnya sebagai versi murah, tentunya Samsung mengurangi sejumlah spesifikasi yang dimiliki oleh Galaxy S Light Luxury dibandingkan dengan pendahulunya. Salah satunya tampak dari prosesor yang dimiliki oleh ponsel tersebut.

Jika S8 mengusung chipset Snapdragon 835, Galaxy S Light Luxury ditenagai Snapdragon 660. Sedangkan untuk RAM dan memori internal, Galaxy S Light Luxury masih mempertahankan apa yang digunakan pendahulunya, yaitu, secara berurutan, 4 GB dan 64 GB. Kapasitas baterai yang ditanamkan pada ponsel ini juga masih sama dengan S8, yaitu 3.000 mAh.



Tersedia dengan varian warna Burgundy Red dan Midnight Black, Galaxy S Light Luxury juga turut menyertakan earphone buatan AKG, sama seperti S8, yang akan ditemukan pembelinya saat membuka kotak ponsel tersebut.

Smartphone yang langsung kebagian Android Oreo 8.0 ini dibanderol 3999 yuan, atau sekitar Rp 8,8 juta. Selain itu, salah satu e-commerce asal China membuka sistem pre-order hingga 1 Juni mendatang dengan menawarkan harga yang lebih murah, yaitu 3699 yuan, atau sekitar Rp 8,2 juta. Memang lebih murah, tapi banderol itu mungkin tetap mahal bagi sebagian orang.

Penggunaan mata uang milik China dalam menghargai ponsel ini bukannya tanpa alasan, mengingat Galaxy S Light Luxury memang diluncurkan dan tersedia di Negeri Tirai Bambu. Sampai saat ini, belum diketahui apakah versi murah dari S8 ini akan tersedia untuk negara-negara lain. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed