Selasa, 01 Mei 2018 08:50 WIB

Samsung Rajai Segmen Flagship di India

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Rachman Haryanto/detikcom Foto: Rachman Haryanto/detikcom
Jakarta - Serupa dengan di Indonesia, pasar smartphone di India menjadi incaran berbagai vendor ponsel global. Berlomba-lomba mereka berusaha menjadi nomor wahid, salah satunya yang sukses dicapai Samsung.

Namun, posisi Samsung sebagai vendor nomor satu di India ini berada di segmen smartphone flagship. Meskipun di Q4 kemarin Samsung sempat kalah dari Xiaomi, lagi-lagi perusahaan asal Korea Selatan ini berhasil merangsek ke posisi teratas dengan pangsa pasar 50% terhitung di Q1 2018.



Pengapalan ponsel premium Samsung saat ini dipimpin oleh perangkat flagship terbarunya, yakni Galaxy S9 dan S9+. Perangkat ini meraih perhitungan 29% dari total penjualan ponsel high-end selama periode yang berakhir tanggal 31 Maret 2018.

Varian terendah atau dengan kata lain Galaxy S9 terhitung memiliki market share 12% dan untuk varian Galaxy S9+ punya market share 17%.

Tak cuma seri Galaxy S9, permintaan akan Galaxy A8 di negara tersebut juga meningkat dan saat ini dijual secara eksklusif di toko online.

Membuntuti Samsung di posisi kedua ada OnePlus. Vendor ponsel asal China ini sukses menempati posisi nomor dua di India pada kuartal pertama dengan penjualan OnePlus 5T. Penerus OnePlus 5 tersebut menjadi smartphone dengan penjualan terbaik dan meraih 25% pasar.



Sementara di posisi ketiga ditempati oleh Apple yang meraih 20% market share. Kontribusi paling besar diraih oleh iPhone model lawas dan juga iPhone 8 serta iPhone X. (rns/rns)