Jumat, 27 Apr 2018 13:24 WIB

Kacamata Pintar Terbaru Snap Sudah Dirilis

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Istimewa
Jakarta - Meski seri perdana dari Spectacles bisa dibilang tidak terlalu berhasil, hal tersebut tidak menghentikan Snap untuk merilis versi kacamata pintar terbarunya.

Snap resmi merilis generasi terbaru dari kacamata pintarnya, yaitu Spectacles. Meski masih mengusung model kacamata hitam seperti pendahulunya, Spectacles teranyar ini memiliki sejumlah pembaruan dari sisi desain dan kegunaannya.

Pertama, kacamata ini memiliki desain yang lebih ramping sehingga dapat lebih mudah masuk ke kantung celana ataupun bergantung di kerah kaus. Kedua, Snap meningkatkan kecepatan pemindahan tangkapan gambar atau video dari Spectacles menuju ponsel.



Induk perusahaan dari media sosial Snapchat ini mengklain kecepatan download smartphone terhadap dokumentasi dari Spectacles terbaru dapat mencapai tiga hingga empat kali lipat dari pendahulunya. Pengembangan berikutnya pada kacamata pintar ini adalah ketahanannya terhadap air.

Berdasarkan keterangan dari pihak Snap, Spectacles generasi terbaru ini aman digunakan saat menyelam di kolam renang ataupun terkena cipratan air laut. Hal ini dikarenakan kaca dan casing yang digunakan tahan terhadap air.

Kacamata Pintar Terbaru Snap Sudah Dirilis Foto: Spectacles


Selain itu, hasil foto dan video dari Spectacles kini sudah memiliki kualitas tinggi, dengan dihilangkannya model standard-definition. Resolusi foto berada di angka 1642 x 1642, sedangkan kualitas rekaman video dari kacamata pintar ini adalah 1216 x 1216, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Jumat (27/4/2018).

Untuk ketahanan baterainya, pihak Snap mengatakan bahwa dalam satu kali pengisian daya, Spectacles dapat melakukan pengambilan sekitar 70 video sekaligus memindahkannya ke ponsel. Selain itu, kacamata pintar ini dibekali dengan tiga pilihan warna, yaitu onyx (hitam), ruby (merah), dan sapphire (biru).

Berbeda dengan seri sebelumnya yang dijual lewat vending machines, kali ini Snap menjual Spectacles terbaru secara ekslusif lewat situs resminya. Hal tersebut dilakukan untuk memprediksi permintaan pasar secara lebih baik. Keputusan ini diambil dikarenakan Spectacles versi perdana mengalami penjualan yang kurang memuaskan.

Terhitung, terdapat ratusan ribu unit yang gagal terjual, sehingga meninggalkan inventaris tidak bergerak senilai USD 40 juta. Selain mengubah gaya berjualannya, Snap pun mengakali produk yang menganggur tersebut untuk digunakan ulang sebagai bahan pembuat Spectacles generasi terbaru tersebut.



Kacamata pintar yang dibanderol seharga USD 150 (Rp 2 juta) sudah mulai dijual di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, dan Prancis. Sedangkan awal Mei nanti sejumlah negara di Eropa seperti Belanda, Norwegia, Denmark, Belgia, Finlandia, Polandia, Spanyol, Italia, dan Irlandia akan kedapatan stok Spectacles terbaru.

Menariknya, diperkirakan ini bukan satu-satunya Spectacles terbaru yang akan dirilis oleh Snap. Dikabarkan, perusahaan yang berdiri pada 2012 tersebut tengah menyiapkan seri lain dari Spectacles yang dibanderol dengan harga USD 300 dan memiliki dual kamera. (rns/rns)