Senin, 16 Apr 2018 21:28 WIB

Xperia XZ2 Premium Pakai Layar 4K dan Kamera Super

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Sony Foto: Dok. Sony
Jakarta - Tak sampai 2 bulan setelah merilis Xperia XZ2 di MWC 2018, kini Sony merilis Xperia XZ2 Premium yang berdesain sama dengan XZ2. Bedanya apa?

Perbedaan antara versi biasa dan versi premium antara laina da pada aspek layar, kamera, baterai, dan beberapa spesifikasi lain. Selain itu, bisa diasumsikan versi premium akan dijual dengan harga lebih mahal -- XZ2 dijual dengan harga USD 800 --.

Layar XZ2 Premium berukuran 5,8 inch dengan resolusi 4K dan mendukung video HDR. Layar ini dilengkapi teknologi yang terhubung dengan sistem getar pada ponsel. Jadi ponsel bisa bergetar sesuai dengan apa yang ditayangkan pada layar ponsel.


Namun hal baru yang paling mencolok di ponsel ini ada di sisi kamera. XZ2 Premium mempunyai dua buah kamera belakang, satu menggunakan sensor warna 19 megapixel, dan satunya menggunakan sensor monokrom 12 megapixel.

Kedua kamera ini bisa mencapai sensitivitas ISO 51.200 untuk foto, dan 12.800 untuk video. Normalnya, pada sensor kamera di ponsel, tingkat ISO setinggi itu akan menghasilkan gambar sangat jelek yang dipenuhi noise.

Namun Sony mengklaim prosesor gambar AUBE yang dipakai bisa mengkombinasikan data dari kedua sensor, dan dioptimasi untuk keadaan gelap, yang bisa mengurangi noise sehingga hasilnya masih layak dilihat.


Seperti kebanyakan ponsel masa kini, dua kamera belakang ini juga bisa menghasilkan gambar dengan bokeh. Lalu sensor monokromnya diklaim bisa menghasilkan gambar monokrom yang sangat detil. Namun sayangnya kedua fitur ini baru akan tersedia pada pembaruan software yang dirilis pada Q3 2018.

Masih dari sisi kamera, XZ2 Premium bisa merekam video slow motion dengan frame rate maksimal 960fps. Dibandingkan Galaxy S9 yang video slow motionnya dibatasi pada resolusi 720p, XZ2 Premium bisa merekam video slow motion dengan resolusi 1080p.

Soal spesifikasi lain, XZ2 Premium punya RAM 6GB dan baterai 3.540 mAh, lebih besar ketimbang XZ2 yang RAM-nya 4GB dan baterai 3.180 mAh. Lalu kamera depannya beresolusi 13 megapixel, sementara XZ2 hanya 5 megapixel.

Soal prosesor, baik XZ2 dan XZ2 Premium sama-sama memakai Snapdragon 845, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (16/4/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed