Senin, 16 Apr 2018 16:06 WIB

Bar Navigasi Android P Kok Mirip iPhone X?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Android P di Google I/O Foto: Android P di Google I/O
Jakarta - Jelang event Google I/O bulan Mei mendatang, Google tengah disibukkan dengan pengujian sejumlah fitur untuk Android P. Yang terbaru, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini kedapatan menguji bar navigasi untuk Android P yang disebut mirip dengan gestur dan UI pada iPhone X.

Informasi ini tidak sengaja tersebar lewat postingan di blog Android developer, dimana kala itu Google membagikan potongan gambar terkait pengaturan DNS di Android P. Dari gambar yang kini sudah dihapus itu terlihat bar navigasi di bagian bawah yang di tengahnya (home) punya bentuk mirip pil.


Dari gambar terlihat hanya ada tombol mirip pil tadi di tengah dan tombol kembali di samping kiri. Tidak ada tombol multitasking. Namun, dikutip detikINET dari 9to5Google, Senin (16/4/2018), menurut informasi salah seorang sumber, desain bar navigasi ini dirancang tanpa tombol multitasking.

Navigasi bar Android P.Navigasi bar Android P. Foto: istimewa

Untuk mengakses multitasking kemungkinan akan dilakoni dengan gesture swipe up seperti yang dipakai pada UI multitasking di iPhone X. Tombol pil di tengah ini juga mirip dengan apa yang ditemukan di bocoran gambar untuk Moto X5.

Namun, belum diketahui apakah tombol pil ini bekerja seperti tombol home biasanya atau pakai gestur swipe. Tak cuma itu, sumber juga mengatakan bahwa tombol kembali yang berada di samping kiri dirancang otomatis sembunyi bila tidak dipakai.

Untuk lebih jelasnya memang kita harus menunggu pengumuman Google di event Google I/O pada tanggal 6 Mei 2018 nanti yang juga dihadiri langsung oleh detikINET. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed