BERITA TERBARU
Minggu, 15 Apr 2018 18:25 WIB

Apple Mulai Uji Perakitan iPhone Rasa Bollywood

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
iPhone 6S Plus. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET iPhone 6S Plus. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Jakarta - Sama seperti Indonesia, India juga punya aturan mirip TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang diberi nama Make in India. Untuk memenuhi aturan itu, Apple pun sampai memproduksi iPhone di negara tersebut dengan iPhone 6s Plus salah satunya.

Seperti diketahui, India, merupakan salah satu negara dengan potensi pasar yang menjanjikan. Tak heran bila berbagai vendor ponsel berebut pasar di negara tersebut.

Nah, untuk bisa berjualan di India, pemerintah menetapkan aturan Make in India, dimana ponsel yang akan dijual harus diproduksi secara lokal. Aturan ini pun juga telah diikuti oleh pemerintah Indonesia dengan TKDN tadi.



Nah, untuk iPhone 6s Plus ini, seperti dikutip detikINET dari BGR, Minggu (15/4/2018), Apple menurut laporan sudah mulai melakukan uji produksi di pabrik perakitan milik perusahaan manufaktur bernama Wistron di Bengaluru, India.

Diyakini dengan adanya produksi lokal ini akan menurunkan harga jual dari iPhone 6s Plus sekitar 5% sampai 7%. Namun, koreksi harga ini kemungkinan tak akan terjadi dalam waktu dekat, mengingat Wistron tak akan bisa memenuhi seluruh persyaratan komponen iPhone 6s Plus.



"Nantinya, ketika kapasitas lokal meningkat, harga akan terkoreksi," ujar sumber dari Wistron.

Bukan tanpa sebab jika Apple memutuskan untuk merakit iPhone 6s Plus di sana. Karena, menurut laporan peneliti Counterpoint, seri iPhone 6 memiliki kontribusi hampir satu pertiga dari total penjualan iPhone di India di tahun 2017.

Lalu, ketika bicara ponsel Apple yang dirakit di India, iPhone 6s Plus bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Wistron juga sudah merakit iPhone SE sampai saat ini. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed