Sabtu, 14 Apr 2018 12:04 WIB

Apple Polisikan 12 Karyawan, Ada Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi Apple. Foto: Internet Ilustrasi Apple. Foto: Internet
Jakarta - Sebanyak 12 orang karyawan Apple ditangkap setelah dilaporkan ke polisi karena mereka membocorkan informasi internal soal rencana pengembangan software.

Ironisnya, informasi ini juga berasal dari sebuah memo internal yang akhirnya bocor ke publik. Dalam memo tersebut, Apple menggunakan bahasa yang keras, seperti menegaskan mereka benar-benar menganggap serius dalam menanggapi kebocoran informasi.



Apple menyebut mereka menangkap 29 orang yang membocorkan informasi ke publik selama 2017, dan 12 di antaranya akhirnya dilaporkan dan ditangkap polisi. Ke-29 orang itu terdiri dari karyawan, kontraktor, dan partner penyedia komponen.

"Pembocor informasi tak sekadar kehilangan pekerjaannya di Apple. Dalam beberapa kasus, mereka menghadapi hukuman penjara dan denda yang sangat besar soal intrusi jaringan dan pencurian rahasia perusahaan, keduanya melanggar hukum federal," tulis Apple dalam memo tersebut.



Awal 2018 ini Apple memergoki seorang karyawan yang membocorkan informasi terkait sebuah rapat internal di mana SVP engineering Apple Craig Federighi menyatakan kalau sejumlah fitur software di iOS akan mengalami keterlambatan.

Lalu pada 2017 lalu Apple juga memecat karyawannya yang membocorkan informasi rahasia soal iPhone X, iPad Pro, dan AirPods ke 9to5Mac, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (14/4/2018). (asj/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed