Kamis, 05 Apr 2018 20:26 WIB

Beli AC Pintar di Indonesia, Bisa Dinyalain dari Brasil

Josina - detikInet
Foto: Josina/detikINET Foto: Josina/detikINET
Jakarta - LG merilis pendingin ruangan anyarnya di Indonesia. Menariknya pengguna dapat mengontrolnya tanpa ada batasan jarak -- bahkan dari Brasil sekalipun. Kok bisa?

Perangkat air conditioner (AC) tersebut bernama Cool Dual Series. Ada 11 seri yang dibawa vendor asal Korea Selatan itu ke Tanah Air. Beberapa di antaranya dibuat pintar berkat teknologi SmartThinQ di dalamnya.

"Ini merupakan yang pertama kali LG hadirkan SmartThinQ di Indonesia. Di Korea Selatan sudah empat tahun lalu," ujar Daehyun Kim Product Marketing Manager Air Conditioner LG ELectronics Indonesia saat acara peluncuran AC terbarunya di Hotel Crowne, Jakarta, Kamis, (5/3/2018).

LG Rilis AC Pintar di Indonesia, Bisa Dikontrol dari Jarak JauhFoto: Josina/detikINET


SmartThinQ sendiri adalah sebuah teknolgoi IoT besutan LG yang membuat perangkat-perangkat elektronik rumah tangga terkoneksi internet dengan smartphone.

Berkat teknologi tersebut, AC Cool Dual Series dapat dihidupmatikan, diatur suhu tiap ruang sesuai kebutuhan hingga mengaktifkan fitur khusus seperti fitur pendukung kesehatan dari jarak jauh

"Untuk jarak tidak ada batasnya asalkan kedua device sama-sama terhubung dengan internet," ujar Charles Jung RND Manager LG Korea Selatan di acara yang sama.

"Meski AC-nya berada di rumah di Indonesia. Lalu saya pergi ke Korea Selatan, atau bahkan ke Brasil sekalipun, saya bisa mengendalikan AC di rumah lewat ponsel asalkan terhubung dengan internet," imbuh Jung.

LG Rilis AC Pintar di Indonesia, Bisa Dikontrol dari Jarak JauhFoto: Josina/detikINET


Dari 11 AC yang diperkenalkan LG, hanya 5 AC saja yang baru dibenamkan dengan fitur SmartThinQ. Untuk AC standar dibanderol Rp 3,3 juta sampai Rp 8 juta. Sementara AC dengan SmartThinQ paling murah dibanderol Rp 5 juta.

"Kenapa cuma 5, karena kebutuhan pengguna berbeda-beda ada yang butuh dinginnya saja ada juga yang membutuhkan dingin dan kualitas juga jadi ada segmentasinya," pungkas Jung.

[Gambas:Video 20detik]

(afr/rou)