Rabu, 04 Apr 2018 22:05 WIB

Kamera Selfie Pintar Tak Cuma Poles Muka

Adi Fida Rahman - detikInet
Oppo F7. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Oppo F7. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Belakang sejumlah vendor ponsel mulai mengusung kamera selfie dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Sadar akan hal itu, Oppo yang mengklaim dirinya menjadi pertama yang mengusung kamera selfie AI , mencoba meningkatkan fitur andalannya tersebut.

Lewat ponsel F7, Oppo mengenalkan AI Beauty 2.0. Sejumlah peningkatan diberikan dari versi pertama yang telah dihadirkan melalui F5.

Pada AI Beauty 2.0, vendor China ini menambah data base hingga delapan juta foto portrait dari fotografer profesional dan kalangan make up artist. Selain itu, mereka melakukan peningkatan titik pindai wajah, yang sebelumnya 126 menjadi 296 titik di tiga area, yaitu area t-zone (dahi dan hidung), mata dan u-zone (pipi dan dagu).

"AI Beauty 2.0 turut memperhatikan bagian leher dan pundak. Jadi, tidak ada lagi selfie muka putih leher hitam," jelas Aryo, di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Menariknya, jika pengguna melakukan pengaturan manual dari hasil selfie, AI akan menggunakan settingan tersebut saat memotret lagi ke depannya. Alhasil, pengguna tidak perlu mengutak-atik kembali hasil jepretan selfie.

Kemudian ada Vivid Mode. Mode ini memungkinkan pengambilan gambar wajah lebih natural dengan membuat warna background lebih menonjol. Sehingga, bisa dibilang wajah tak lagi terlihat seperti dempulan.

Terakhir, kecerdasan buatan juga menghadirkan stiker Augmented Reality (AR) untuk kamera depan.

"Kecerdasan buatan juga membantu pengguna untuk menciptakan album berbasis wajah dan lokasi, serta dipakai untuk facial unlock," pungkas Aryo. (agt/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed