Ternyata Begini Cara Honor Kalahkan Xiaomi

Ternyata Begini Cara Honor Kalahkan Xiaomi

Moch Prima Fauzi - detikInet
Senin, 26 Mar 2018 22:47 WIB
Foto: Honor
Jakarta - Honor siap meramaikan peta persaingan smartphone di Indonesia setelah sukses menaklukkan Xiaomi di negaranya. Apa kunci rahasianya?

Seperti diketahui, sepak terjang Honor belakangan memang amat agresif. Di China, penjualannya secara online tercatat mengalahkan Xiaomi.

Menurut penelitian Sino Market Research, sepanjang tahun 2017 kemarin penjualan online Honor di China tembus 54,5 juta unit dengan pendapatan 78,9 miliar yuan.

Pencapaian itu cukup untuk mengalahkan Xiaomi yang berada di posisi kedua dengan raihan penjualan 50,9 juta unit dan pendapatan 63,7 miliar yuan.



Keberhasilan itu tak lepas dari model smartphone Honor yang diminati pasar baik di China dan mancanegara, seperti seri Honor X. Smartphone Honor 4X dan Honor 7X telah terjual 40 juta unit secara global.

Honor 7X juga diklaim paling banyak penjualannya di China pada ajang diskon Single's Day pada 11 November 2017. Di India, 20 ribu unit Honor 7X terjual hanya dalam waktu satu jam sejak penjualan dibuka.

Kemudian seri ponsel flagship Honor View 10 disebut memiliki pangsa pasar terbesar di China, lebih dari 10%, untuk kategori smartphone harga USD 400 sampai USD 650 sebulan sejak peluncurannya pada November 2017.

Sementara besok di Indonesia, Selasa (27/3/2018), Honor akan memboyong tiga produk terbarunya pasca lepas manajamen dari Huawei. Ketiganya merupakan smartphone jagoan Honor untuk menggaet pasar anak muda.

Anak Muda adalah Kunci

Di negara asalnya, Honor ternyata sering mengadakan acara festival musik yang mendukung musik-musik indie dan orisinil yang disebut Honor Voice Maker. Sebanyak 130 grup band kampus berhasil terjaring di ajang tersebut.

Kemudian cara lainnya yang diterapkan Honor adalah dengan menggelar Honor Gaming Arena yang menyelenggarakan kontes game mobile. Dikatakan oleh President Honor George Zhao, dukungan Honor untuk industri game juga menunjukkan kemampuan dari produknya.

"Ini (pengamalan bermain game) tak bisa didapatkan tanpa smartphone Honor yang memiliki performa hebat dalam bermain game," klaim Zhao seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (26/3/2018).



Sejumlah gelaran acara yang diadakan Honor di kampung halamannya, semata-mata untuk mendekatkannya dengan generasi muda. Selain itu Zhao pun menyiratkan untuk melakukan strategi serupa di negara lainnya: menggaet anak muda.

"Ini hanya batu loncatan bahwa Honor telah menjaga radar dari generasi muda China. Kami berharap bisa memiliki hal yang sama di target pasar lain di masa depan," imbuh Zhao.

Sekadar informasi, selain di China Honor telah melebarkan sayapnya ke luar negeri seperti di kawasan Eropa Barat, Rusia dan Amerika Utara. Selain itu produsen ini juga mengincar pasar smartphone di Indonesia.

Siap Pikat Millenial Lokal

"Indonesia punya 150 juta lebih pengguna internet dan sebagian besarnya mengakses lewat smartphone. Dan mayoritas pengguna smartphone ini merupakan anak muda. Itu sesuai dengan target pasar yang dibidik Honor, kami ingin hadir di mana pun anak muda berada," ujar Presiden Honor Indonesia James Yang.

Tiga smartphone yang rencananya akan diboyong Honor ke Indonesia adalah Honor View 10, Honor 9 Lite dan Honor 7X yang memiliki keunggulan masing-masing.

Honor View 10 menonjolkan kecerdasan buatan (AI) yang berasal dari chipset Kirin. Teknologi kecerdasan buatannya difungsikan untuk mendompleng kemampuan kamera Honor View 10 agar bisa mengenali beragam objek. Dengan kecerdasan yang dimilikinya View 10 pun didapuk sebagai perangkat flagship Honor.



Sedangkan untuk Honor 7X dan Honor 9 Lite, masing-masing keunggulan yang ditonjolkan adalah spesifikasi dan sektor fotografinya. Baik Honor View 10, Honor 9 Lite, dan Honor 7X telah siap diperkenalkan untuk pencinta gadget Tanah Air.

Untuk mengetahui detail kemampuan yang dimiliki oleh ketiga smartphone tersebut, baiknya kita tunggu saja acara peluncurannya besok. Ketiganya dijadwalkan akan meluncur Selasa, 27 Maret 2018 di Jakarta.

Di acara peluncurannya, Honor kabarnya juga akan menghadirkan penyanyi internasional Lenka sebagai brand ambassador globalnya. (rou/rou)