Oppo Resmi Luncurkan Duo F7, Berapa Harganya?

Laporan dari Mumbai

Oppo Resmi Luncurkan Duo F7, Berapa Harganya?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Senin, 26 Mar 2018 16:30 WIB
Peluncuran Oppo F7 di Mumbai, India. (detikINET/Muhammad Alif Goenawan)
Mumbai - Setelah menjadi buah bibir selama beberapa bulan, Oppo akhirnya resmi merilis ponsel flagship terbarunya, F7. Tak tanggung-tanggung, dua varian sekaligus diluncurkan.

Adapun kedua varian yang diumumkan dalam peluncurannya di Mumbai, India antara lain F7 dan F7 128 GB. Dua varian ponsel Oppo terbaru ini berbeda dari rumor yang mengatakan bila F7 akan tiba dengan tiga varian.

Masih seperti seri sebelumnya, kedua ponsel terbaru Oppo ini masih menonjolkan kemampuan kamera depan dengan kecerdasan buatan atau dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini sebelumnya sudah dipakai dalam seri F5.



"Kami menerima sambutan yang luar biasa dari penggemar dengan AI Beauty di F5. Kali ini kami mengembangkan inovasi kecerdasan buatan yang lebih sempurna pada F7," ujar Brand Director of Oppo India Will Yang saat peluncuran di Dome NSCI, Mumbai, India, Senin (26/3/2018).

Oppo Resmi Luncurkan Duo F7, Berapa Harganya?Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan


Will pun menambahkan jika Oppo saat ini telah memiliki 370 paten yang berkenaan dengan teknologi AI. Semua ini dilakukan untuk membuat produk Oppo semakin canggih dan bisa diterima oleh masyarakat.

Sementara itu, India's Technology Guru Rajiv Makh mengatakan, AI adalah game changer di semua bidang. Termasuk juga di smartphone.

"AI ini akan menjadi bagian dari tren di smartphone dalam beberapa tahun ke depan. Pemanfaatannya akan sangat berguna bila diterapkan pada fotografi smartphone. Oppo sangat serius fokus mengembangkan AI," ucapnya di kesempatan yang sama.

Bicara kamera, kedua tipe F7 ini dibekali dengan kamera belakang 16 MP dengan bukaan f/1.8. Namun, yang menjadi andalan adalah kamera depannya yang memiliki lensa 25 MP.



Kamera depan F7 ini disebut sebagai kamera smartphon pertama yang menggunakan lensa 25 MP. "Tak cuma smartphone pertama dengan lensa 25 MP, F7 juga menjadi smartphone pertama yang menggunakan sensor Sony 576 HDR dengan bukaan f/2.0," ujar Rishabh Srivastava, Product Manager Oppo Mobile India.

Seperti yang digembar-gemborkan dalam rumor, seri F7 tampil dengan mengusung desain layar kekinian, lengkap dengan poni (notch) di bagian atas. Oleh Oppo, layar ini disebut sebagai Super Full Screen.

Layar F7 ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu 6,23 inch dengan rasio 19:9. Dengan penyematan resolusi 2.280 x 1080 pixels FHD+, layar F7 disebut memiliki 16 juta warna.

Untuk spesifikasinya sendiri, masing-masing varian F7 ini dibekali dengan prosesor dan GPU yang sama, yaitu octa core dan ARM Mali-G72 MP3 800 MHz. Sayang di panggung tidak disebutkan jenis chipset yang dipakai.

Nah, yang membedakan adalah besaran RAM dan kapasitas memori internal. Ada dua pilihan RAM dan ROM, antara lain 4 GB RAM dengan ROM 64 GB dan 6 GB RAM dengan 128 GB ROM.



Oppo membekali keduanya dengan slot microSD up to 256 GB. Sedangkan baterainya punya kapasitas 3.400 mAh. Baterai ini diklaim bisa tahan selama 33,5 jam dalam mendengarkan musik, 13,4 jam menonton video, dan 8,3 jam bermain game.

Bicara keamanan, Oppo ingin agar pengguna ponsel barunya ini bisa mendapat jaminan keamanan yang mumpuni. Karenanya, mereka kemudian menghadirkan fitur Facial Unlock yang juga kemudian didukung oleh fitur keamanan lainnya, seperti sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang.

Lalu bagaimana dengan harganya? Untuk F7 biasa dibanderol dengan harga 21.990 rupee (Rp 4,6 juta). Sedangkan yang F7 128 dihargai 26.990 rupee (Rp 5,7 juta).

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rou)