Kamis, 08 Mar 2018 14:48 WIB

Banyak Ditiru, Apple Hilangkan 'Notch' di iPhone Baru?

Moch Prima Fauzi - detikInet
iPhone X. Foto: Ari Saputra iPhone X. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Apple dikabarkan bakal menghilangkan tonjolan (notch) yang terdapat pada iPhone X dan ditiru vendor lain. Nantinya, tampilan iPhone akan dipenuhi layar yang akan dimulai pada 2019.

Kabar ini berembus dari media asal Korea Selatan, ETNews, yang dikutip detikINET, Kamis (8/3/2018). Menurut sumber dalam industri, saat ini Apple sedang melakukan pembahasan dengan para perusahaan terkait mengenai rencana tersebut.

"Apple memutuskan untuk menghilangkan desain notch yang dimulai pada 2019 dan saat ini sedang melakukan diskusi bersama perusahaan terkait," ujar sumber anonim yang membocorkan rencana tersebut.



"Tampaknya Apple berencana mengimplementasikan layar full-screen yang lebih melengkapi iPhone terbarunya," imbuhnya.

Soal spesifikasi layar seperti ukuran, resolusi, dan bentuknya masih belum bisa diungkap. Selain itu dengan hilangnya notch tersebut posisi beberapa modul seperti sensor dan kamera bakal menjadi 'pekerjaan rumah' bagi Apple.

Menurut pihak industri layar, Apple bakal menyisakan sebuah lubang di panel OLED atau menggunakan area black matrix di dalam layar. Upaya itu dilakukan akan fitur Face ID dan kamera selfie tetap berada di permukaan depan.



Sebagaimana diketahui, notch di iPhone X saat ini mulai banyak diadopsi oleh vendor smartphone lain. Misalnya saja, Asus melalui lini ZenFone 5 yang telah diluncurkan di MWC 2018 serta Huawei P20, Oppo R15, dan OnePlus 6 yang akan dirilis mendatang. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed