Selasa, 27 Feb 2018 11:13 WIB

Hands On

Menggenggam 'Si Bengkak' Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Xperia XZ2 Compact. Foto: Achmad Rouzni Noor/detikinet Xperia XZ2 Compact. Foto: Achmad Rouzni Noor/detikinet
Barcelona - Sony memperkenalkan Xperia XZ2 dan XZ2 Compact di ajang MWC 2018 Barcelona, Spanyol. Saat digenggam detikINET di arena acara, kedua ponsel jagoan Sony ini ternyata bulky banget.

Pandangan pertama terhadap kedua ponsel ini adalah seperti melihat Xperia versi sebelumnya, cuma yang sekarang ini lebih membengkak -- meski sepintas masih terlihat kece dan elegan. Classy, lebih tepatnya.

Kalau melihat spesifikasinya, yang bikin kedua ponsel ini jadi lebih bengkak ternyata karena ada perubahan ukuran layar dan kapasitas baterainya dibanding versi Xperia sebelumnya.

Hands-on: Menggenggam 'Si Bengkak' Xperia XZ2 dan XZ2 CompactXperia XZ2 Compact. Foto: Achmad Rouzni Noor/detikinet


Sony Xperia XZ2 memiliki ukuran layar 5,7 inch beresolusi Full HD+ dan HDR. Karena mengusung desain layar penuh, aspek rasionya kini 18:9.

Sementara untuk Xperia XZ2 Compact layarnya berukuran 5,0 inch dan memiliki aspek rasio 18:9 serta resolusi Full HD+ dan HDR.

Sedangkan baterainya, Xperia XZ2 memiliki kapasitas yang lebih besar yakni 3.180 mAh, dibandingkan dengan adiknya, Xperia XZ2 Compact yang sebesar 2.870 mAh.

Dari dapur pacu, tak ada yang membedakan di antara keduanya. Baik Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact sama-sama menggunakan prosesor Snapdragon 845 yang dipasangkan dengan RAM 4 GB. Selain itu kapasitas internalnya 64 GB.

Di sektor fotografi Sony menyematkan kamera utama 19 megapiksel dengan sensor bikinan sendiri, Exmor RS berukuran 1/2.3 inch. Kemudian kamera di bagian depannya adalah 5 megapiksel berukuran 1/5 inch yang juga menggunakan sensor Exmor RS.

Hands-on: Menggenggam 'Si Bengkak' Xperia XZ2 dan XZ2 CompactXperia XZ2. Foto: Achmad Rouzni Noor/detikinet


Sony Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact dibekali fitur tahan air berkat sertifikasi IP65/IP68. Kedua smartphone ini telah menjalankan sistem operasi Android Oreo 8.0.

Untuk membedakan keduanya secara kasat mata, desain bagian belakang masing-masing smartphone dibuat berbeda di mana Xperia XZ2 memiliki kamera utama sedikit ke bagian tengah, di atas sensor pemindai sidik jari. Kemudian di atasnya tersemat lampu flash sebagai pencahayaan.

Sedangkan Xperia XZ2 Compact memiliki kamera yang sedikit berada di atas, dan posisi lampu flash bergeser ke sisi kanan ponsel. Posisi sensor pemindai sidik jarinya tak berbeda jauh dari Xperia XZ2.

Dari perbincangan singkat detikINET dengan para staf Sony di ajang MWC 2018 ini, mereka juga mengaku belum tahu kapan ponsel ini akan masuk Indonesia. Pun begitu dengan harga jualnya. Memang tipis kemungkinannya karena Sony Mobile sudah kurang aktif di sini. Kabarnya, Xperia XZ2 dan XZ2 Compact akan mulai tersedia pada Maret mendatang di beberapa negara. (rou/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed