Selasa, 27 Feb 2018 10:03 WIB

MWC 2018

Membandingkan Galaxy S9+ vs Xperia XZ2

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Samsung seolah menjadi bahasan utama di ajang Mobile World Congress (2018) di Barcelona, Spanyol, dengan kedatangan Galaxy S9 dan S9+. Namun Sony coba mengusik bermodal smartphone jagoan baru mereka, Xperia XZ2 serta Xperia XZ2 Compact.

Samsung telah lebih dahulu memperkenalkan duo jagoannya pada tengah malam kemarin, sedangkan Sony menyusulnya dengan mengumumkan smartphone Xperia XZ2 dan XZ2 Compact sekitar pukul 14.30 WIB siang.

Lantas bagaimana perbedaan spesifikasi di antara kasta tertinggi yakni Galaxy S9+ dan Xperia XZ2?. Sedikitnya ada tiga aspek yang kerap diperhatikan saat menilai sebuah smartphone. Berikut ini penjelasannya.

Layar

Dari segi layar, Samsung memiliki tampilan yang dinamakan Infinity Display. Dengan desain ini layar Galaxy S9+ menjadi terlihat lebih lega dan juga memiliki lengkungan di sisi-sisinya. Sony pun tak ingin kalah, kali ini prouden asal Jepang itu mengubah desain layarnya menjadi tampak penuh.

Namun meski dikatakan mengusung aspek rasio 18:9 bingkai di Sony Xperia XZ2 masih terlihat cukup tebal. Berbeda dengan Samsung Galaxy S9+ yang hanya menyisakan sedikit ruang di sisi atas dan bawahnya.

Kemudian dari teknologi layar, Samsung mengandalkan panel Super AMOLED dengan resolusi WQHD+ 1440 x 2960 pixel berukuran 6,2 inch. Sedangkan Sony menyertakan layar berukuran 5,7 inch dengan resolusi 1080 x 2160 pixel atau Full HD+.

Hardware

Baik Samsung maupun Sony sama-sama menggunakan prosesor tercanggih Qualcomm saat ini yakni Snapdragon 845. Hanya saja prosesor itu berlaku bagi Galaxy S9+ yang berada di kawasan China dan Amerika Serikat. Sebab, di luar dua kawasan itu, Samsung menggunakan prosesor buatannya sendiri, Exynos 9810.

Kemudian dari segi kapasitas RAM, Samsung menyertakan ukuran yang lebih jumbo sebesar 6 GB, sementara Sony Xperia XZ2 masih mengandalkan kapasitas RAM 4 GB. Di penyimpanannya, Sony Xperia XZ2 mengandalkan memori internal sebesar 64 GB. Sementara Samsung memiliki kapasitas yang lebih bervariasi mulai dari 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB.

Untuk menunjang pengoperasian, Samsung Galaxy S9+ memiliki baterai berkapasitas 3.500 mAh. Di sisi lain kapasitas baterai Sony Xperia XZ2 berdaya 3.180 mAh.

Membandingkan Galaxy S9+ vs Xperia XZ2Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Kamera

Di ajang Mobile World Congress ini, Samsung banyak mengumbar tag-line "Reimagined". Slogan tersebut digunakan sebagai petunjuk adanya perubahan pada sisi kameranya. Sebagaimana diketahui Samsung kini mengusung lensa ganda di Galay S9+ dan juga melakukan peningkatan fitur.

Kamera Galaxy S9+ memiliki dua lensa 12 megapixel berfungsi untuk mode tele dan wide. Masing-masing diafragmanya adalah f/1.5 dan f/2.4. Selain itu fungsi dari bukaan diafragma yang besar (f/1.5) juga berfungsi agar bisa menyerap cahaya lebih banyak.

Di sektor ini, Sony tampaknya masih percaya diri dengan kamera tunggalnya. Xperia XZ2 memiliki ketajaman sensor lebih besar yakni 19 megapixel dengan diafragma f/2.0. Keduanya juga telah dibekali perekaman slow-motion 960 fps di mana Galaxy S9+ di resolusi HD (720p)dan Xperia XZ2 di resolusi full HD (1080p).

Membandingkan Galaxy S9+ vs Xperia XZ2Foto: cnet


Sedangkan di bagian kamera depan, Samsung memberikan sensor 8 megapixel f/1.7 dan Sony Xperia XZ2 memiliki sensor 5 megapixel f/2.2 untuk keperluan foto selfie serta video call.

Tentunya dari perbandingan di atas memiliki sisi minus dan positifnya. Semua penilaian akan bergantung kepada pilihan konsumen dalam memutuskan mana yang lebih cocok untuk digunakan.

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed