Selasa, 13 Feb 2018 09:55 WIB

Penjualan Ponsel Nokia Salip Asus dan Google

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Usaha keras HMD Global untuk mengembalikan kejayaan Nokia mulai menunjukkan hasil. Penjualan ponsel mereka semakin meningkat, bahkan dinyatakan mampu menyalip vendor seperti Google dan Asus.

Lewat akun Twitter-nya, analis lembaga riset CounterpointNeil Shah membebeberkan situasi pasar smartphone sepanjang kuartal IV tahun 2017. Dia mengatakan HMD Global menjual lebih banyak ponsel bermerek Nokia secara global hingga bisa menyalip sejumlah vendor besar.



Menurut data Counterpoint, sebanyak 4,4 juta unit ponsel Nokia terjual ke seluruh dunia di kurun waktu itu. Pencapaian ini memberikan HMD Global market share sebesar 1% di pasar ponsel global. Alhasil menempatkan mereka ke urutan 11 sebagai perusahaan smartphone terbesar saat ini.

Shah juga menyebutkan kinerja HMD Global sepanjang kuartal terakhir mampu menempatkan mereka ke posisi terbaik di sejumlah negara. Misalnya, Nokia menjadi merek ponsel papan atas (smartphone dan feature) di Vietnam dan banyak negara Timur Tenggah. Nokia pun menjadi ponsel nomor tiga di Inggris. Sementara di Rusia berada di posisi kelima.

Shah turut menambahkan HDM telah meningkatkan pangsa pasar ponsel feature menjadi 15%. Sehingga menjadikan merek Nokia sebagai penguasa pasar feature phone dunia.

Kombinasi market share 1% smartphone dan 5% feature phone membawa HMD Global naik ke peringkat 6 produsen ponsel secara global. Namun meski setahun ini perjalanan HMD Global lumayan baik, Shah melihat ada banyak hal yang harus dilakukan.

Vendor ponsel asal China itu diminta untuk fokus di pasar Asia, Eropa dan Timur Tengah pada tahun ini. Lalu pada paruh kedua 2018 dan semester pertama 2019, HMD diminta fokus pula ke pasar Amerika Latin. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed