Minggu, 11 Feb 2018 18:28 WIB

Samsung cs Siap Hadirkan Smartphone 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Ari Saputra Ilustrasi. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Layanan seluler berbasis 5G terus diupayakan hadir dan dinikmati oleh publik. Berbagai vendor smartphone pun sudah menyatakan siap menghadirkan perangkat 5G secara komersil pada tahun 2019.

Qualcomm sebagai produsen chipset akan menyediakan modem Snapdragon X50, yang memungkinkan konektivitas jaringan generasi kelimat tersebut di smartphone.

Disebutkan bahwa modem Snapdragon X50 dapat memberikan kecepatan download sampai hitungan GB dalam per detik.

Dilansir dari Phone Arena, Minggu (11/2/2018) Asus, Fujitsu, HMD Global, HTC, LG, Oppo, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, sampai ZTE siap menghadirkan smartphone 5G. Samsung telah mencapai kemitraan secara terpisah pada minggu lalu. Sedangkan Apple belum diketahui kapan mereka akan meluncurkan ponsel 5G-nya.

Selain dari sisi vendor, Qualcomm mengatakan implementasi 5G juga didukung dari operator sebagai penyedia layanan kepada pelanggan. Adalah AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon, dan Vodafone akan melakukan uji coba standar 5G NR di jaringan mereka.

5G NR sendiri telah ditetapkan oleh The 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang mengatur standar seluler di kancah internasional. 3GPP telah menandatangani spesifikasi pertama untuk 5G pada akhir 2017 kemarin.

Teknologi 5G yang diusung oleh Qualcomm ini rencanannya akan dipamerkan pada perhelatan teknologi mobile tahunan Mobile World Congress 2018 di Barcelona. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed