BERITA TERBARU
Sabtu, 03 Feb 2018 07:15 WIB

Ini Dia Pabrikan Ponsel Terbesar di Dunia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Abraham Arthemius Foto: Abraham Arthemius
Jakarta - Apple dan Samsung boleh saja menjadi dua nama besar dalam bisnis ponsel di dunia, namun keduanya kini bukan lagi jadi pabrikan ponsel terbesar di dunia.

Pada Q4 lalu, Apple menjual 77,3 juta unit iPhone, sementara Samsung menjual 74,4 juta unit ponselnya. Penjualan unit ponsel kedua pabrikan ini diikuti oleh kenaikan penjualan dari Huawei.

Namun kini untuk pertama kalinya ada perusahaan lain yang bisa disebut sebagai perusahaan pembuat ponsel terbesar di dunia. Perusahaan itu adalah BBK Group, yang merupakan perusahaan konglomerasi asal China, yang berada di balik beberapa perusahaan ponsel, yaitu Oppo, Vivo dan OnePlus.

Menurut lembaga peneliti Counterpoint Research, jika penjualan ponsel dari ketiga perusahaan itu digabungkan pada kuartal terakhir lalu, angkanya sudah menyalip angka penjualan ponsel dari Apple atau pun Samsung.

Pada 2017 lalu, BBK sebenarnya sudah merangsek ke peringkat dua, namun pada Q4 lalu jumlah penjualannya sukses melonjak ke peringkat satu. Angka ini masih bisa melonjak tinggi saat perayaan Tahun Baru China digelar pada Februari ini.

Selain menang dalam jumlah penjualan unit ponsel, BBK Group juga masuk ke dalam lima besar perusahaan dengan keuntungan paling besar dalam penjualan ponsel, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (3/2/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Mengenal Konsep Revolusi Industri 4.0

    Mengenal Konsep Revolusi Industri 4.0

    Senin, 28 Mei 2018 03:23 WIB
    Revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Bahkan revolusi industri generasi keempat ini telah dibicarakan dan gaungnya semakin nyaring terdengar di Indonesia.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.