Selasa, 30 Jan 2018 08:00 WIB

iPhone X Tak Laku, Apple Pangkas Produksi

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Kendati membawa perubahan signifikan dari pendahulunya, pemasaran iPhone X rupanya tidak menggembirakan. Alhasil Apple harus memangkas produksi ponsel ini.

Situs Nikkei mengabarkan bahwa Apple telah memangkas target produksi iPhone X hingga 50%. Penyebabnya penjualan ponsel tersebut tidak sesuai yang diharapkan, bahkan di pasar utamanya seperti Amerika Serikat, China dan Eropa.

Raksasa teknologi asal Cupertino, California, AS itu telah menginformasi penyuplai komponen bahwa mereka akan memangkas target. Produksi pada kuartal pertama tahun ini yang sedianya berjumlah 40 juta unit, diturunkan menjadi 20 juta unit.

"Apple akan mengurangi separuh target produksi untuk iPhone X dalam periode tiga bulan dari Januari tahun ini. Padahal saat diluncurkan pada bulan November lalu, mereka menargetkan produksi 40 juta unit," tulis Nikkei seperti dilansir dari 9to5Mac, Selasa (30/1/2017).

Sayangnya pemotongan produksi iPhone X memiliki efek domino bagi para produsen komponen. Sebab mereka telah menghabiskan miliaran dolar untuk bahan baku pembuatan komponen yang menyokong ponsel itu.

iPhone X Tak Laku, Apple Pangkas ProduksiFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Nikkei melanjutkan Apple akan pula memangkas produksi layar OLED. Sebagai gantinya mereka tengah mempertimbangkan meningkatkan model layar LCD.

Hal ini seakan menguatkan prediksi analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, yang menyebutkan Apple akan memproduksi penerus iPhone X dengan layar LCD berukuran 6,1 inch. Ini guna membantu memulihkan pendapatan yang diakibatkan penjualan iPhone X yang tidak menggembirakan.

Meski akan memangkas produksi iPhone X, perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu tidak merencanakan hal serupa pada dua model lain. Baik iPhone 7/7Plus dan iPhone 8/8 Plus tetap ditargetkan diproduksi sebanyak 30 juta unit seperti yang telah direncanakan Apple sebelumnya.

Saksikan video 20detik tentang Apple ingin pangkas produksi iPhone X di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Dear Netizen, Waktu Imsak Hari Ini 4.26 WIB

    Senin, 28 Mei 2018 03:40 WIB
    Setiap menjalani sahur di bulan Ramadan, ada banyak netizen yang mencari tahu kapan waktu imsak tiba. Ingat, hari ini imsak pukul 4.26 WIB dan subuh 4.36 WIB.
  • Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Tokopedia Kalahkan WhatsApp dan Instagram

    Senin, 28 Mei 2018 02:50 WIB
    Aplikasi Tokopedia dalam waktu singkat berhasil memuncaki Apple Store dan Google Play mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Kok bisa?
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.