Kamis, 25 Jan 2018 06:59 WIB

WhatsApp Telah Didownload 924 Juta Kali Pada 2017

Josina - detikInet
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sepanjang tahun 2017, WhatsApp menorehkan prestasi yang cukup gemilang. Layanan pesan milik Facebook ini tercatat telah didownload 924 juta kali.

Tidak hanya itu, WhatsApp sukses memecahkan rekor. Pada malam pergantian tahun 2017-2018, sebanyak 75 miliar pesan terkirim dalam satu hari.

"WhatsApp adalah aplikasi nomor satu yang paling banyak diunduh pada tahun 2017, dengan sekitar satu miliar pengguna, atau sedikit di bawah sepertiga jumlah populasi dunia," ujar Apptopia communications Head Adam Blacker yang dikutip detikINET dari Forbes Kamis, (25/1/2018).

Ditambahkan Blacker, faktor tingginya jumlah unduhan adanya kemungkinan 1 pengguna dapat mengunduh aplikasi di beberapa perangkat lainnya yang mereka miliki. Jadi satu orang bisa mengunduh aplikasi lebih dari 1 kali.

Data yang dipaparkan oleh Apptopia mungkin belum tentu merupakan representasi sempurna dari jumlah unduhan yang sebenarnya. Kemungkinan hanya Apple, Google, dan Facebook yang tahu berapa banyak jumlah unduhan WhatsApp yang dihasilkan pada 2017.

Namun Apptopia meyakini apa yang disampaikan adalah akurat dan datanya benar. "Cara sederhana menjelaskan bagaimana kami mendapat estimasi yakni kami terhubung ke lebih dari 250.000 aplikasi seluler melalui akun pengembang mereka," kata Blacker.

"Tim sains data kami menggunakan hal tersebut sebagai kumpulan pembelajaran yang kami gabungkan dengan data umum seperti peringkat toko aplikasi." tutupnya.

Dalam kesempatan ini, Apptopia juga memaparkan 10 aplikasi yang paling banyak diunduh dari dalam 8 kategori. Di kategori sosial, aplikasi-aplikasi milik Facebook mendominasi empat besar yakni WhatsApp, Messenger, Facebook dan Instagram.

8 kategori aplikasi paling banyak diunduh8 kategori aplikasi paling banyak diunduh - (Foto: Apptopia)

Hal menarik juga dilihat dari kategori Shopping bahwa aplikasi AliExpress mampu mengalahkan Amazon sebagai aplikasi ritel yang paling banyak diunduh.

Berikut 8 kategori aplikasi yang paling banyak diunduh selama tahun 2017:

1. Games: Subway Surfers - 190 juta
2. Social: WhatsApp - 924 juta
3. Entertainment: Netflix - 11 juta
4. Food and drink: Subway - 35 juta
5. Dating: Tinder - 58 juta
6. Travel: Uber - 189 juta
7. Shopping: AliExpress - 81 juta
8. Music and audio: Spotify - 299 juta (jsn/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed