Kamis, 11 Jan 2018 12:40 WIB

Laporan dari Las Vegas

Laptop Anyar Lenovo Usung Fitur Keamanan Pintar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Las Vegas - Webcam adalah salah satu hal yang menjadi incaran para hacker, yaitu menyalakan dan mengakses webcam di laptop korban dari jarak jauh.

Itu juga mungkin yang membuat CEO Facebook Mark Zuckerberg memasang selotip pada webcam di laptopnya. Juga munculnya beberapa perusahaan yang membuat stiker khusus untuk menutup webcam.

Lenovo pun menyadari hal ini, dan menambah fitur keamanan pada jajaran laptop anyarnya, yaitu ThinkPad X1, tepatnya pada varian Carbon dan Yoga. Nama fitur ini adalah Think Shutter, yaitu sebuah tombol untuk menutup webcam pada laptop tersebut.

Saksikan video 20detik untuk melihat produk teranyar Lenovo yang dipamerkan dalam CES 2018 di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Meski terlihat sederhana, namun menurut Kevin Beck, Senior Worldwide Competitive Analyst, Lenovo PC&SD, penambahan fitur ini tak sesederhana itu. Karena tetap dibutuhkan riset tambahan oleh Lenovo, karena fitur ini membutuhkan kamera dengan desain yang baru agar perfomanya terjaga, juga ketahanannya.

Lenovo menganggap Think Shutter adalah hal penting karena bisa memecahkan masalah yang ada sebelumnya, yaitu menutupi webcam dengan bermacam hal lain yang tak enak dilihat, seperti stiker dan lainnya. Namun tentu yang paling penting adalah fitur ini bisa melindungi privasi pengguna.

Selain menutup webcam, X1 Carbon dan Yoga juga dilengkapi software yang bisa mendeteksi gerakan mata penggunanya. Maksudnya adalah ketika si pengguna tak lagi melihat ke layar, laptop bisa secara otomatis mengunci dirinya sendiri, agar layarnya tak diintip oleh orang lain.

Namun menurut Lenovo, fitur ini juga bisa digunakan untuk hal lain, seperti mengatur posisi konten tertentu di layar yang bisa digerakkan dengan lirikan mata penggunanya. Fitur keamanan ini melengkapi sejumlah fitur andalan lain yang ada, seperti layar HDR Dolby Vision, mikrofon 360 derajat, dan dukungan dua asisten digital, yaitu Amazon Alexa dan Microsoft Cortana. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed