Kamis, 11 Jan 2018 08:43 WIB

Laporan dari Las Vegas

Trio Lenovo ThinkPad X1 Meluncur di CES 2018

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Las Vegas - Tiga produk terbaru dari seri ThinkPad X1 Lenovo meluncur di CES 2018. Ketiganya adalah ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad X1 Yoga, dan ThinkPad X1 Tablet.

Tiga fitur utama dari produk anyar ini adalah prosesor Intel generasi ke-8 Kaby Lake, port charger USB-C, asisten digital Alexa, dan layar yang mendukung format HDR Dolby Vision. Ada juga fitur penjaga privasi pengguna, yaitu ThinkShutter Camera Privacy.

Trio Lenovo ThinkPad X1 Meluncur di CES 2018Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET


Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Laptop ini digadang-gadang Lenovo sebagai laptop bisnis 14 inch teringan di dunia. Lenovo masih mempertahankan desain dasar laptop ini yang menggunakan bahan carbon fiber, lengkap dengan ketahanan berstandardisasi MIL-STD 810G.

Perubahan yang menarik terdapat pada bagian layarnya, yang meski tak menggunakan panel OLED, layar ini tetap punya standardisasi HDR Dolby Vision yang bisa menghasilkan warna dengan dynamic range yang tinggi.

Soal spesifikasi, ada prosesor Intel Core generasi ke-8, dengan varian tertingginya yaitu Core i7 dengan vPro. Daya tahan baterainya diklaim mencapai 15 jam, lengkap dengan fitur Rapid Charge, yang membuatnya bisa bertahan selama 12 jam hanya dengan pengisian selama 1 jam.

RAM-nya mencapai 16GB LPDDR3, dengan storage PCIe SSD dengan kapasitas maksimal 1TB. Lalu ada juga fitur keamanan privasi bernama ThinkShutter Camera Privacy, yang berfungsi untuk menutup webcam secara fisik. Ada juga fitur keamanan lain seperti kamera IR dan sensor sidik jari yang kompatibel dengan Windows Hello.

Trio Lenovo ThinkPad X1 Meluncur di CES 2018Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET


ThinkPad X1 Yoga

Varian X1 dengan layar bisa diputar ini juga mendapat sejumlah pembaruan dari Lenovo, serupa dengan varian Carbon-nya. Seperti layar HDR Dolby Vision, Think Shutter, sensor sidik jari, dan daya tahan baterai mencapai 15 jam.

Perbedaan utamanya tentu pada layar, yaitu dukungan layar sentuh dan layar yang bisa diputar 360 derajat, layaknya perangkat Yoga lain. Meski ditawarkan dengan kapasitas storage dan memori yang hampir sama, harga varian Yoga ini sedikit lebih tinggi dari yang Carbon.

Trio Lenovo ThinkPad X1 Meluncur di CES 2018Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET


ThinkPad X1 Tablet

Lenovo pun memperbarui ThinkPad X1, yang kini menggunakan layar 13 inch baru dengan resolusi 3K yang kompatibel dengan HDR 2. Ada juga keyboard ThinkPad baru yang disertakan pada produk ini, serta konektivitas LTE-A global, yang juga tersedia pada jajaran ThinkPad X1 lain.

Prosesor yang dipakai masih dari jajaran Intel Core generasi ke-8 seperti saudara-saudaranya yang lain. Namun menurut Lenovo, X1 Tablet kini mempunyai interaksi dengan stylus yang lebih natural. Lenovo Pen Pro, begitu Lenovo menamai stylus aktifnya, mempunyai sensitivitas sebesar 4096 tingkat pada bagian ujungnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed