Senin, 08 Jan 2018 15:20 WIB

Investor Apple Gerah Lihat Milenial Kecanduan Smartphone

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Penggunaan smartphone semakin kompleks. Tak hanya sebagai alat komunikasi, melainkan dapat berfungsi untuk berkecimpung di media sosial sampai bermain games. Keunggulan itu tentu memberikan adiksi, khususnya bagi kalangan remaja.

Melihat kondisi tersebut, Jana Partners and California State Teacher's Retirement System (CalSTRS) yang merupakan salah satu pemegang saham Apple, mendesak para produsen, tak terkecuali Apple, untuk mengambil langkah-langkah mengatasi persoalan adiksi smartphone yang dialami kaum milenial.

Seperti detikINET kutip dari Reuters, Senin (8/1/2017), Jana Partners dan CalSTRS telah menyatakan sikapnya dengan mengirim surat kepada Apple pada Sabtu lalu. Isi dari surat tersebut mendorong perusahaan untuk mengembangkan software bagi orang tua agar membatasi penggunaan ponsel bagi anak-anak.

Selain itu, mereka juga meminta Apple mempelajari dampak penggunaan smartphone yang berlebihan, di mana bisa mengakibatkan terhadap kesehatan mental. Sampai saat ini, pihak Apple belum merespons desakan yang dilakukan oleh Jana Partners dan CalSTRS kepadanya.

Jana Partners dan CalSTRS mempunyai saham sekitar USD 2 miliar di Apple. Meski isu sosial merupakan hal baru bagi mereka, tapi bila persoalan itu tak diatasi oleh Apple, berdampak pada rusaknya reputasi perusahaan.

Isu ketergantungan remaja terhadap ponsel menjadi sorotan di Amerika Serikat. Generasi muda saat ini, dikatakan, tidak bisa lepas memboyong smartphone ke mana-mana.

Setengah kalangan remaja di Negeri Paman Sam ini mengalami kecanduan dan mengalami tekanan batin gara-gara smartphone, menurut survei tahun 2016 terkait anak-anak dan orang tua yang dirilis oleh Common Sense Media.

Contoh masalah ini dialami oleh mantan bintang Disney, Selena Gomez. Ia pernah membatalkan tur dunia 2016 karena harus menjalani terapi depresi hasil dampak dari kecanduan media sosial. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed