Selasa, 02 Jan 2018 09:47 WIB

Ponsel Jadul Google Kebagian Mode Portrait

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Ars Technica
Jakarta - Salah satu fitur baru di Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL adalah mode portrait di kameranya. Kini, fitur tersebut bisa dihadirkan di sejumlah ponsel jadul Google.

Ponsel-ponsel yang bisa menggunakan mode portrait itu adalah Pixel, Pixel XL, Nexus 6P dan Nexus 5X. Namun fitur ini bukan dihadirkan oleh Google, melainkan pengembang aplikasi Camera NX.

Pengguna Pixel, Pixel XL, Nexus 5X dan 6P bisa mencicipi mode portrait dengan menginstal aplikasi tersebut ke dalam ponselnya, demikian dikutip detikINET dari 9to5google, Selasa (2/1/2018).

Camera NX adalah aplikasi yang sudah cukup lama dikembangkan, yang membawa fitur-fitur terbaru di aplikasi Google Camera ke ponsel-ponsel jadul. Dan mode portrait adalah fitur andalan Camera NX saat ini.

Saat sudah diinstal, Camera NX terlihat sangat mirip dengan Google Camera, kecuali sedikit perbedaan pada ikon aplikasinya. Penggunaannya pun terasa sangat gegas, sama seperti Google Camera.

Namun cara kerja portrait pada Camera NX berbeda dengan Google Camera di Pixel 2, yaitu pada cara aplikasi menciptakan foto dengan latar belakang bokeh. Camera NX akan menjepret beberapa foto sekaligus untuk menghasilkan foto dengan bokeh tersebut.

Berbeda dengan Google Camera di Pixel 2 yang sebenarnya juga menjepret beberapa foto dalam mode portrait, namun foto tersebut diambil secara bersamaan dengan menggunakan pixel yang berbeda di dalam sensor kameranya.

Meski begitu, Camera NX tampaknya saat ini belum bisa berfungsi secara maksimal, karena mode portraitnya baru bisa berfungsi jika kamera bisa mendeteksi keberadaan wajah manusia di dalam foto. Jadi memotret objek selain manusia dalam mode portrait saat ini sepertinya bisa dilakukan. (rns/rns)