Pembuat Ponsel Pertama dengan Fingerprint di Layar Adalah...

Pembuat Ponsel Pertama dengan Fingerprint di Layar Adalah...

ADVERTISEMENT

Pembuat Ponsel Pertama dengan Fingerprint di Layar Adalah...

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Minggu, 17 Des 2017 14:15 WIB
Foto: internet
Jakarta - Saat ini banyak vendor ponsel yang berlomba menghadirkan sensor sidik jari di bawah layar. Lantas siapakah yang menjadi pertama yang merilis ponsel dengan fitur tersebut?

Jawabannya bukan Samsung ataupun Apple, melainkan Vivo. Ya, perusahaan asal China ini akan menjadi vendor ponsel pertama yang mengaplikasikan fitur fingerprint di layar.

Informasi ini diumbar oleh seorang kontributor media Forbes, yakni Patrick Moorhead. Ia mengaku telah menghabiskan beberapa waktu dalam pra produksi unit ponsel Vivo terbaru.

Melalui Twitter ia membagikan postingan gambar yang memperlihatkan ponsel Vivo dengan sensor sidik jari di bawah layar. Ia pun mengklaim jika sensor tersebut mampu membaca sidik jari dengam cepat.

"Ini beberapa gambar @anshelsag dan aku mengambil gambar dari ponsel Vivo dengan pembaca sidik jari Synaptics. Sensor CMOS punya ketebalan 7 mm dan membaca sidik jari melalui layar OLED. Pengalamannya lebih cepat dari yang aku duga," cuit Moorhead dikutip detikINET dari Phone Arena, Minggu (17/12/2017).

Pembuat Ponsel Pertama dengan Fingerprint di Layar AdalahFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati


Dalam mengembangkan ponsel dengan fitur tersebut Vivo menggunakan teknologi yang dibuat oleh perusahaan bernama Synaptics. Dan untuk teknologi tadi, disebutkan menggunakan model berseri Clear ID FS9500 yang dirancang menyesuaikan ponsel dengan orientasi 18:9 dan 20:9.

Sensor di dalam layar terbaru ini merupakan perangkat CMOS kecil yang diletakkan di bawah layar AMOLED. Untuk bisa bekerja, jari harus dalam kondisi tersinari, sehingga sensor bisa membaca refleksi dari sidik jari.

Sayang, proses membacanya berkisar 0,7 detik. Tidak secepat sensor sidik jari biasanya yang hanya membaca dalam waktu 0,2 detik. Tapi setidaknya lebih cepat dari pengenal wajah yang butuh waktu 1,4 detik.


(mag/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT