Minggu, 17 Des 2017 11:23 WIB

Dua Kali Ganti iPhone X, Face ID Tetap Bobol

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Kemampuan Face ID kembali dipertanyakan. Ini setelah kasus Face ID yang tetap bobol meski pengguna sudah dua kali ganti iPhone X.

Kasus tersebut terjadi di kota Nianjing, China bagian timur. Adalah Yan, perempuan ini beberapa waktu lalu membeli iPhone X.

Seperti kebanyakan pengguna iPhone X, Yan turut mengaktifkan fitur Face ID untuk membuka ponsel dan menjaga keamanan data di dalamnya. Namun iPhone X miliknya itu bisa terbuka setelah Face ID memindai muka rekannya. Padahal wajah rekannya itu tidak mirip dengan Yan.

Kejadian ini kemudian coba Yan laporkan ke Apple lewat telepon. Sayangnya staff Apple tidak mempercayainya. Yan lantas mendatangi Apple Store terdekat bersama rekannya tadi untuk membuktikan laporannya itu.

Setelah terbukti, staff Apple mengatakan kemungkinan terjadi kerusakan pada kamera Face ID. Mereka lantas menawarkan pengantian unit. Yan pun menerima tawaran tersebut.

Namun masalah serupa tetap terjadi, iPhone X milik Yan masih bisa terbuka setelah Face ID memindai wajah rekannya. Yan pun kembali melapor ke Apple, kali ini diberikan opsi untuk refund. Tidak diketahui apakah Yan menggunakannya untuk membeli iPhone X ketiga kalinya atau tidak, demikian dilansir dari South China Morning Post, Minggu (17/12/2017).

Dua Kali Ganti iPhone X, Face ID Tetap BobolFoto: Apple


Seperti diketahui Apple mengklaim fitur Face ID di iPhone X sangat tangguh dan sulit dikelabui. Bahkan fitur ini jauh lebih aman ketimbang sensor sidik jarinya. Bila Touch ID punya tingkat error 1: 50.000, maka Face ID lebih baik, yakni 1: 1.000.000.

Fitur ini pun akan secara otomatis memindai dan mengonfirmasi identitas pengguna tanpa harus menekan tombol. Agar punya kemampuan ini, Face ID menggunakan beberapa jaringan syaraf tiruan yang dibangun dalam neural engine dalam prosesor A11 Bionic untuk memproses data pengenalan wajah.

Dalam proses pemindaian, Apple membekali iPhone X dengan TrueDepth Camera untuk melakukan pemetaan wajah secara mendalam, sehingga mendapatkan gambaran rinci semua wajah pengguna.

Dengan perbekalan tersebut ditambah kecerdasan prosesor A11 Bionic, Apple mengklaim iPhone X sangat aman. Susah bagi seseorang untuk memalsukan pemindaian wajah lewat foto dan lain-lain. Sayang pada kenyataannya banyak pengguna melaporkan Face ID masih bisa dibobol.

(afr/afr)