Rabu, 13 Des 2017 16:43 WIB

Megapixel Kamera Bukan Patokan, yang Penting Kualitas

Yudhianto - detikInet
Oppo F5. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Oppo F5. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Meski banyak ponsel menawarkan kemampuan tinggi pada kamera yang diusungnya, faktor kualitas lebih menentukan hasil jepretan.

Hal tersebut diungkapkan pengamat gadget dan fotografi Kristian Tjahjono, yang menyebut kalau patokan sebuah kamera ponsel jangan melulu fokus pada kemampuan megapixel yang diusungnya. Pengguna juga harus memperhatikan fitur yang ditawarkan demi menghasilkan foto yang berkualitas.

"Kamera jangan melulu fokus pada kemampuan karena sekarang yang bisa menentukan kualitas jepretan juga pada fitur yang disematkan. Jangan kaget kalau ada kamera ponsel yang megapixel-nya lebih rendah tapi kualitasnya lebih baik dari yang kemampuannya lebih tinggi," ujarnya, di acara Oppo Selfie Tour with F5, di hotel Atria, Malang.

Fitur yang dimaksud beragam, dari pemilihan bukaan yang lebih besar, hingga penggunaan teknologi HDR atau yang lainnya. Sebagai contoh, Aryo Meidianto, PR Maneger Oppo Indonesia, lantas menjelaskan penggunaan bukaan f/1.8 di kamera Oppo F5 memberikan tangkapan cahaya yang lebih baik.

Sehingga hasil foto akan lebih cerah, meski dalam kondisi kurang cahaya. Dengan kata lain pengguna tak perlu kuatir akan hasil jepretannya ketika harus mengabadikan momen di kondisi temaram.

"Makanya kemampuan kamera yang tinggi tak selalu menjamin. Karena harus dipadukan dengan penggunaan fitur berkualitas, seperti bukaan f/1.8," kata Aryo.

Di luar faktor kamera, penentuan komposisi pada objek jepretan juga jadi bagian yang tak kalah penting. Dalam artian, pengguna biasanya akan menentukan seberapa luas tangkapan gambar yang diinginkannya sebelum melakukan jepretan.

Nah, penggunaan layar penuh seperti yang ditawarkan Oppo F5 memberi keuntungan tersendiri. Pasalnya dengan tampilan yang lebih luas, pengguna jadi bisa lebih leluasa menentukan luas tangkapan yang dinginkan.

"Komposisi juga penting banget ketika ambil foto, sehingga penggunaan layar yang besar akan sangat membantu hal tersebut," pungkas Nico Wijaya, dari detikTravel. (yud/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed