BERITA TERBARU
Senin, 11 Des 2017 20:33 WIB

Aksesoris Drone Anti Air, Cocok untuk Musim Hujan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Drone kelas consumer sampai saat ini belum ada yang tahan air, alias bisa terbang saat hujan. Namun kini ada aksesoris yang bisa membuat DJI Phantom 4 menjadi tahan air.

Pembuatnya adalah perusahaan asal Ohio, Amerika Serikat, bernama Phantom Rain. Mereka membuat baju tahan air untuk Phantom 4, yang membuat drone tersebut bisa terbang ketika hujan.

Baju tahan air itu terbuat dari bahan karet sintetis bernama neoprene, yang juga dipakai di drysuit untuk para penyelam. Penggunaan bahan ini selain melindungi drone dari air juga membuatnya sedikit lebih terlindungi dari guncangan.

Aksesoris bikinan Phantom Rain ini terdiri dari tiga bagian. Pertama adalah baju tahan air setebal 2,5 mm yang menutupi 75% dari bodi drone. Ini karena sebenarnya banyak bagian drone yang sudah tahan air, jadi baju tersebut hanya menutupi bagian yang tak tahan air.

Bagian kedua dari baju ini adalah ring yang melindungi bagian rotor drone, juga terbuat dari neoprene. Ring ini melindungi rotor agak tak dimasuki air. Bagian ketiga bernama surge mask, yang menutupi gimbal dari air ketika drone jatuh ke dalam air.

Surge mask ini juga melindungi drone agar tidak terguling ketika jatuh ke dalam air. Karena menggunakan bahan neoprene, surge mask ini tak menghambat pergerakan gimbal kamera tersebut, demikian dilansir Wetalkuav, Senin (11/12/2017).

Perlu dicatat, baju tahan air ini tak serta merta membuat Phantom 4 bisa menyelam ke dalam air. Melainkan sekadar melindungi drone ketika terbang dalam keadaan hujan, dan ketika mendarat di air.

Hal ini berguna ketika drone dipakai untuk merekam peselancar ketika berada di atas ombak, dan sejenisnya. Begitu juga ketika drone dipakai dalam misi penyelamatan karena tetap bisa terbang meski sedang hujan.

(asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed