Senin, 11 Des 2017 08:15 WIB

Apple: Face ID Tiruan di Android Jelek

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi (Foto: Apple) Ilustrasi (Foto: Apple)
Jakarta - Apple menerapkan sebuah standar baru keamanan ponsel dengan Face ID. Kini, fitur keamanan tersebut banyak ditiru sejumlah pabrikan smartphone Android. Apple pun angkat bicara mengenai hal ini.

Menurut Head of Marketing Apple Phil Schiller, fitur semacam Face ID di Android tak bisa dibandingkan dengan Face ID milik Apple. Karena menurutnya, cara kerja sistem pengenalan wajah di Android itu berbeda dengan Face ID milik Apple.

"Semuanya (sistem semacam Face ID di Android) itu jelek," ujar Schiller ketika diwawancara Bright.nl mengenai Face ID, seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, penerapan pengenalan wajah di Android berbeda dari Face ID, karena Face ID di iPhone itu menggantikan banyak fitur yang sebelumnya ada di iPhone. Seperti tombol home, Touch ID, verifikasi identifikasi Apple Pay, mengaktifkan Siri, dan berpindah antar aplikasi, bisa digantikan oleh Face ID.

"Semua hal yang yang dilakukan oleh orang lain terkait dengan pengenalan wajah belum bisa melakukan hal seperti yang bisa dilakukan Face ID. Face ID adalah implementasi yang unik," tambahnya.

Meski begitu, rasanya masih banyak kesempatan bagi pabrikan ponsel Android untuk melakukan implementasi pengenalan wajahnya sendiri. Setelah itu, kita baru bisa menilai penerapan pengenalan wajah mana yang lebih baik. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed