Rabu, 06 Des 2017 07:31 WIB

'Ponsel itu Aktivitas, Laptop itu Produktivitas'

Yudhianto - detikInet
Laptop HP Spectre 13. Foto: detikcom Laptop HP Spectre 13. Foto: detikcom
Jakarta - Sempat muncul prediksi kalau dominasi smartphone sedikit demi sedikit akan menggerus segmen laptop. Namun petinggi HP Indonesia punya pendapatnya sendiri.

Menurut Hendry Wijaya, COO HP Indonesia, smartphone dan laptop punya peruntukan yang sama sekali berbeda. Dijelaskan Hendry, kalau penggunaan ponsel itu lebih menyasar pada aktivitas. Sementara laptop lebih fokus pada produktivitas.

"Orang masih melihat satu hal itu smartphone mendukung mobility, sementara hal lainnya mendukung productivity. Jadi productivity ini masih belum bisa digantikan, karena bagaimana pun juga smartphone tidak akan bisa melakukan semua kebutuhan productivity yang mungkin laptop bisa lakukan," katanya di The Plaza, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Hendry lantas mengingatkan pada prediksi beberapa tahun lalu, di mana popularitas tablet diperkirakan bisa menggeser laptop. Namun kenyataannya malah tablet yang sekarang tenggelam, sementara laptop masih terus berinovasi.

Minimnya inovasi disebut-sebut sebagai sumber tenggelamnya tablet. Tak seperti laptop yang terus berinovasi, tablet dianggap cenderung stagnan improvisasinya. Sehingga bikin perangkat ini terus menurun popularitasnya.

"Kenyataannya malah tablet yang hilang, karena excitement dan penggunaan tablet itu terbatas. Tidak ada alasan untuk mengganti ke tablet yang baru, karena tidak ada improvisasi signifikan," jelasnya.

HP sendiri baru saja merilis generasi terbaru seri Spectre besutannya. Dinamai Spectre 13 dan Spectre x360, keduanya mengusung desain super seksi dan spesifikasi kekinian. Prosesornya dipecayakan pada Intel Core i7 generasi ke-8, dipadu penggunaan RAM hingga 16 GB.

Sementara media penyimpanannya yang PCIe SSD menyodorkan kapasitas 1 TB.

Menariknya lagi, Spectre x360 juga didaulat sebagai laptop konvertibel paling irit di dunia. Pasalnya perangkat ini mampu bertahan hingga 16,5 jam dengan sekali pengisian daya.

Selain itu berkat penggunaan layar 13 inch yang dibalut bezel super tipis, menjadikan Spectre 13 sebagai laptop layar sentuh tertipis di dunia.

Untuk harganya, Spectre x360 dibanderol mulai Rp 18,5 juta. Sedangkan Spectre 13 ditawarkan paling murah di angka Rp 24 juta.

(yud/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed