Senin, 04 Des 2017 16:33 WIB

Selamat Ulang Tahun SMS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - 25 tahun lalu, tepatnya 3 Desember 1992, SMS pertama di dunia dikirimkan. SMS itu cukup sederhana dan singkat, hanya berisi tulisan, "Merry Christmas".

Pengirimnya adalah Neil Papworth, seorang pengembang software dari Sema Group. SMS ini dikirimkan melalui jaringan milik Vodafone GSM di Inggris. Papworth mengirimkan SMS itu menggunakan komputer ke Richard Jarvis, yang dulu adalah seorang direktur di Vodafone.

25 tahun lalu, ponsel belum bisa dipakai untuk mengirimkan SMS, dan hanya bisa menerima. Itu pun hanya sedikit ponsel yang bisa menerima SMS, dan ponsel yang digunakan oleh Jarvis untuk menerima SMS pertama itu adalah Orbitel 901, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (4/12/2017).

"Saya tidak tahu apakah mereka menganggapnya akan menjadi hal besar," ujar Papworth dalam sebuah wawancara dengan Sky News.

Setahun setelah SMS pertama dikirimkan, layanan SMS komersial pertama tersedia di Finlandia. Dan bisa ditebak, Nokia adalah perusahaan pertama yang meluncurkan ponsel dengan kemampuan mengirim SMS.

Teknologi SMS sebenarnya sudah dikembangkan jauh sebelum Papworth mengirimkan SMS pertama itu. Dua orang yang pertama mengembangkan SMS adalah Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert dari GSM Corporation pada 1984.

Namun kemudian pengembangan SMS itu dipimpin oleh seorang engineer asal Finlandia bernama Matti Makkonen, yang kemudian sering disebut sebagai pencipta SMS.

Pertumbuhan pengguna SMS awalnya sangatlah lambat. Pengguna ponsel GSM hanya mengirimkan 0,4 SMS setiap bulannya pada 1995, salah satu penyebabnya adalah pengguna ponsel di Inggris hanya bisa mengirimkan SMS ke nomor lain dengan operator yang sama, setidaknya sampai 1999.

Hal serupa juga terjadi di Amerika Serikat, dengan penyebab yang berbeda. Operator di AS mematok tarif SMS yang jauh lebih tinggi ketimbang tarif panggilan telepon. Ditambah lagi layanan pengiriman pesan singkat melalui PC masih sangat populer kala itu.

Dan kini, pamor SMS pun sudah jauh menurun dengan puncaknya penggunaannya pada 2012. SMS kalah dari WhatsApp dan berbagai layanan pengiriman pesan singkat lain yang jauh lebih populer.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menyebut aktivitas pengiriman pesan melalui Facebook Messenger dan WhatsApp tiga kali lipat lebih banyak ketimbang jumlah SMS yang dikirimkan di seluruh dunia, 60 miliar berbanding 20 miliar. (asj/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed