Minggu, 03 Des 2017 10:18 WIB

5 Vendor Smartphone Paling Laris Saat Ini

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Hasan Alhabshy Ilustrasi. Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Penjualan smartphone secara global pada kuartal III 2017 mencapai 383 juta unit, meningkat 3% dari periode yang sama tahun lalu. Laporan perusahaan riset Gartner ini juga mengungkap lima vendor smartphone penguasa market share smartphone secara global di kuartal itu.

Adalah Samsung yang masih kukuh menjadi jawara menguasai pasar penjualan sebesar 85,6 juta unit. Kemudian disusul Apple 45,4 juta unit, Huawei 36,5 juta unit, Oppo 29,4 juta unit, Xiaomi 26,8 juta unit, dan lain-lain 159,5 juta unit.

"Smartphone terbaru mereka seperti Galaxy S8, S8 Plus, dan Note 8 mengembalikan peningkatan permintaan terhadap produk Samsung, yang membantunya bersaing dengan vendor China dan membuat performa mereka solid," ujar Direktur Riset Gartner Anshul Gupta, Minggu (3/12/2017).

Gartner melihat pasar smartphone di China agak lesu. Namun penjualan smartphone di Asia Pasifik naik 15% dan Amerika Utara meningkat 11,2%.

"Di Asia Pasifik yang sedang berkembang, baik Samsung dan Huawei meraih permintaan produk yang sehat bersama Xiaomi dan Vivo, yang mampu membuat mereka tumbuh di luar kandangnya," tambah Gupta.

Pada kuartal III 2017, Xiaomi jadi vendor dengan pertumbuhan paling melejit hingga 80%. Pertumbuhan Xiaomi banyak terjadi di luar China, di mana mereka bersaing ketat dengan Huawei, Oppo, dan Vivo.

Para vendor asal China tersebut terus tumbuh di negara berkembang dengan menyasar pasar kelas menengah. Tawaran kamera dan konektivitas 4G menjadi jurus ampuh mereka.

Gartner memprediksi penjualan smartphone akan terus melonjak seiring adanya pesta diskon Black Friday, Monday Cyber, dan lainnya menuju tutup tahun 2017. "Kami perkirakan penjualan smartphone mencapai 1,57 miliar unit sepanjang 2017," tutur Gupta. (fyk/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed