Jumat, 01 Des 2017 15:38 WIB

Snapdragon 845 Kembali ke Teknologi Octa Core

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: dok. Qualcomm Ilustrasi. Foto: dok. Qualcomm
Jakarta - Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan Snapdragon 845. Menariknya, penerus Snapdragon 835 ini mungkin akan kembali hadir dengan teknologi octa core.

Bila kabar ini benar, berarti menjadi kedua kalinya Qualcomm mencoba teknologi octa core di prosesor flagship-nya. Kalau masih ingat, Snapdragon 810 yang pertama menjadi prosesor flagship Qualcomm dengan teknologi octa core.

Namun perjalanan Snapdragon 810 tak mulus, isu panas berlebih bikin prosesor ini kena banyak masalah. Bahkan Samsung sebagai rekanan terdekat Qualcomm sempat memutuskan tak pakai Snapdragon 810.

Kini Qualcomm pun kembali mencoba peruntungannya di Snapdragon 845. Hanya saja raksasa chip mobile ini disebut masih akan bertahan dengan pabrikasi yang sama dengan yang dipakai Snapdragon 835, yakni 10nm.

Padahal berdasarkan sumber dekat Qualcomm, produsen asal Amerika Serikat ini tengah dalam pengembangan chip dengan pabrikasi 7nm. Namun kemampuan tersebut tampaknya belum akan dibawa Snapdragon 845.

Teknologi octa core yang diusung Snapdragon 845 terdiri dari empat inti menggunakan Cortex A75, sementara empat sisanya memakai Cortex A53. Grafisnya sendiri mengandalkan Adreno 630.

Chip ini juga disebut akan mendukung penggunaan kamera ganda di depan dan belakang dengan ukuran hingga 25 MP. Selain itu terdapat dukungan modem X20 yang menjanjikan kecepatan maksimum download mencapai 1,2 Gbps.

Snapdragon 845 konon akan digunakan di Galaxy S9 dan S9+. Xiaomi kabarnya akan pula membenamkan chip ini di ponsel Mi 7, demikian dilansir dari laman IT Home, Jumat (30/11/2017).

(afr/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed