Minggu, 26 Nov 2017 08:25 WIB

iPhone X Sambangi 70 Negara, Indonesia?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
iPhone X (Adi Fida Rahman/detikINET) iPhone X (Adi Fida Rahman/detikINET)
FOKUS BERITA Kehebohan iPhone X
Jakarta - Apple resmi memperluas ketersediaan iPhone X di 13 negara, yang artinya kini ponsel edisi 10 tahun iPhone itu sudah tersedia di lebih dari 70 negara. Sayangnya Indonesia belum termasuk di dalamnya.

Ke-13 negara itu adalah Albania, Bosnia, Kamboja, Kosovo, Makau, Macedonia, Malaysia, Montenegro, Serbia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand dan Turki. Waktu pengiriman untuk pembeli iPhone X di negara tersebut adalah satu sampai dua hari.

Waktu pengiriman ini lebih baik ketimbang di Amerika Serikat dan Eropa, di mana Apple membutuhkan waktu pengiriman selama dua minggu. Bahkan backlog yang terjadi mencapai lima sampai tujuh minggu, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Minggu (26/11/2017).

Apple kemungkinan akan memperluas ketersediaan iPhone X lagi pada Januari mendatang, di mana kabarnya Indonesia akan jadi salah satunya. iPhone X sendiri saat ini sudah memenuhi aturan TKDN 30%, dan Apple pun sudah memajang iPhone X di situs resmi versi Indonesianya.

Insiden di Korsel

Ada sebuah insiden yang mewarnai penjualan perdana iPhone X di Korea Selatan, yaitu digerebeknya kantor pusat Apple di Negeri Ginseng itu. Sejumlah aparat pemerintah Korsel mendatangi kantor pusat Apple di Korea Selatan dan menanyai sejumlah karyawannya soal praktik bisnis Apple di Negeri Ginseng tersebut.

Tak jelas apa yang menyebabkan pemerintah Korsel menggerebek kantor Apple itu. Namun ada yang berspekulasi kalau ini adalah salah satu langkah Korsel untuk mengganggu peluncuran iPhone X di Korsel.

Ada juga yang berpendapat kalau pemerintah Korsel takut Apple akan memonopoli bisnis ponsel di negara tersebut. Sebagai contoh, pada 2015, Apple mengasai pasar ponsel di Korsel sebesar 33%, yang sampai memaksa komisi anti monopoli di Korsel menginvestigasi apakah perusahaan asal AS itu bisa melemahkan pasar ponsel domestik. (asj/rou)
FOKUS BERITA Kehebohan iPhone X
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed