Jumat, 24 Nov 2017 14:34 WIB

Fitur 'Detektif' Firefox Bisa Lacak Pencurian Data

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Firefox. Foto: Istimewa Firefox. Foto: Istimewa
Jakarta - Setelah meluncurkan seri browser terbaru, Firefox terus mempertahankan laju positifnya dengan menghadirkan fitur terbaru, terutama bagi pemerhati cyber security.

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mendapat peringatan saat mengunjungi sebuah situs yang berpotensi, atau sudah mengalami, pencurian data.

Dalam mewujudkannya, Firefox bekerja sama dengan Have I Been Pwned, sebuah situs yang dapat memeriksa email dan memberi tahu apakah alamat email tersebut telah mengalami pencurian data atau dokumen dari para hacker.

Troy Hunt, ahli keamanan siber dari Have I Been Pwned, mengkonfirmasi kolaborasi tersebut melalui sebuah kicauan di media sosial Twitter lewat akun @troyhunt.

"Firefox tengah mencari situs apa saja yang bisa jadi sudah dibajak. Kami juga sedang berdiskusi mengenai penggunaan data tersebut di masa yang akan datang," ujar Troy, seperti dilansir detikINET dari Engadget pada Jumat (24/11/2017).

Meskipun fitur ini masih dalam tahap awal pengembangan, namun user dapat mengunduhnya melalui Github, lalu memasukkannya dalam browser Firefox.

"Ini merupakan usaha yang baik dari Firefox dalam membuka lebih luas mengenai praktik pencurian data," pungkas Troy. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed