Minggu, 19 Nov 2017 17:45 WIB

Pip, Konsol Game Sekaligus Tempat Belajar Koding

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Raspberry Pi memang bisa disulap menjadi banyak perangkat, dari media player sampai speaker pintar. Yang terbaru adalah Pip, modul Raspberry Pi untuk belajar koding, alias menulis dan membuat aplikasi untuk anak-anak.

Pip adalah modul Raspberry Pi yang berbentuk konsol handheld, mempunyai layar sentuh, speaker, tombol kontrol, dan sejumlah port. Saat sudah terakit, bentuk Pip akan menyerupai sebuah Nintendo Switch.

Ide awal dari Pip adalah untuk memperkenalkan perangkat game retro ke anak-anak. Bedanya konsol ini juga berfungsi sebagai sarana pengenalan koding melalui platform yang berbasis browser bernama Curiosity.

Platform software ini disebut akan mendukung sejumlah bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, Lua, HTML/CSS dan PHP. Pip juga disebut akan kompatibel dengan banyak komponen elektronik murah yang mudah didapat.

"Pip menggunakan bahasa dan alat yang standar. Ya, ini mendukung pemrograman berbasis blok untuk pemula, namun saat mereka sudah siap untuk melanjutkan ke level selanjutnya kami akan mendukung sejumlah bahasa pemrograman populer lain," ujar Sukhvir Dhillon dan Jason Frame, pendiri Pip.

Melalui Kickstarter, Pip dijual dengan harga 150 poundsterling, namun jika nanti masa pengumpulan dana di Kickstarter sudah selesai, harganya akan naik menjadi 175 poundsterling, demikian dikutip detikINET dari The Next Web, Minggu (19/11/2017). (asj/asj)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed