Rabu, 15 Nov 2017 08:31 WIB

iPhone 2019 bakal Pakai Sensor Laser, untuk Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Face ID di iPhone X. Foto: internet Face ID di iPhone X. Foto: internet
Jakarta - Meski iPhone X belum lama dijual di pasaran, rumor soal iPhone keluaran 2019 sudah mulai berhembus, yang menyebut ponsel tersebut bakal menggunakan sensor laser. Buat apa?

Rumor tersebut menyebut Apple tengah mengembangkan sensor tiga dimensi baru yang akan dipakai di bagian belakang iPhone keluaran 2019 mendatang. Sensor ini dipakai untuk meningkatkan kemampuan aplikasi dan layanan augmented reality Apple.

Sistem sensor anyar ini akan menggunakan laser yang ditembakkan dari perangkat untuk mengukur kedalaman. Cara kerjanya adalah dengan menghitung waktu yang dibutuhkan laser setelah ditembakkan, memantul dari sebuah objek dan kembali ke sensornya.

Sistem serupa sebenarnya sudah digunakan oleh Apple, seperti di dua kamera belakang iPhone yang saat ini sudah beredar. Face ID pun menggunakan sistem serupa, namun menggunakan sensor infra merah pada bagian depan iPhone X.

Sistem semacam ini memang bukan hal baru, karena Google pun sudah menerapkan sistem dengan cara kerja yang sama pada teknologi dual pixel di Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Namun kabarnya sistem yang dikembangkan oleh Apple ini akan jauh lebih akurat dan kuat.

Apple saat ini disebut tengah mencari penyuplai komponen untuk sistem tiga dimensi yang mereka kembangkan ini. Namun mereka pun sebenarnya belum yakin apakah teknologi ini akan siap dipakai di iPhone keluaran 2019, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (15/11/2017).

Namun yang jelas sistem Face ID yang menggunakan sensor TrueDepth bakal tetap dipakai di iPhone generasi selanjutnya. Dan Apple tengah mengembangkan sensor tiga dimensi dengan cara kerja serupa untuk ditaruh pada bagian belakang ponsel.

(asj/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed