BERITA TERBARU
Senin, 13 Nov 2017 20:50 WIB

Mengenal Teknologi AI Beautify di Oppo F5

Adi Fida Rahman - detikInet
Chelsea Islan selfie dengan Oppo F5. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Chelsea Islan selfie dengan Oppo F5. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Oppo F5 resmi dirilis. Ponsel ini membawa teknologi kecerdasan buatan (AI) di kamera selfie, untuk apa?

Seperti diketahui Oppo F5 masuk dalam jajaran seri Selfie Expert. Bila perangkat sebelumnya, F3, mengandalkan dua kamera selfie, Oppo tidak mengaplikasikan kembali fitur tersebut di ponsel barunya.

F5 hanya mengandalkan satu kamera dengan ukuran 20 MP. Vendor asal China itu memperkuatnya kemampuan kamera selfie-nya itu dengan teknologi bernama AI Beautify Recognition.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menjelaskan AI Beautify Recognition ini dikembangkan selama setahun di China. Dalam pengembangannya, tim riset Oppo dibantu sejumlah ahli kecantikan.

Meski saat ini hanya disematkan di kamera depan, tidak menutup kemungkinan teknologi pintar ini akan dihadirkan ini di kamaera belakangnya. "Teknologi ini bukan dalam bentuk hardware, namun dibuat dalam wujud software," kata Aryo saat ditemui usai acara peluncuran Oppo F5 di Jakarta, Senin (13/11/2017).
Mengenal Teknologi AI Beautify Oppo F5 Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Sementara itu di tempat yang sama, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia Suwanto memaparkan cara kerja teknologi AI Beautify Recognition di F5. Mula-mula fitur canggih ini akan melakukan pengenalan pada wajah pengguna. Ada 254 titik di wajah yang dipindai.

Selanjutnya teknologi ini akan menganalisa sejumlah kriteria wajah. Dimulai dari warna dan tipe kulit, jenis kelamin hingga usia. Data yang terkumpul akan dibuatkan pengaturan personal selfie.

"Foto yang dihasilkan sesuai dengan kondisi wajah subjek foto. Ini akan menjawab keluhan akan beautify yang hanya menawarkan hasil yang sama untuk semua orang," kata Suwanto.

AI Beautify Recognition ini tidak hanya dapat digunakan untuk foto selfie, tapi juga wefie. Alhasil tiap subjek akan diberikan personalisasi. Selain diaplikasikan di foto, pengguna bisa memanfaatkan teknologi saat merekam video.
Mengenal Teknologi AI Beautify Oppo F5 Foto: Abraham Arthemius

Menariknya teknologi AI Beautify Recognition digunakan untuk face recognition. Sehingga pengguna diberikan opsi kemudahan dalam membuka ponsel, selain passcode atau sidik jari. Ada 128 titik wajah yang akan dipindai tiap kali perangkat dihadapkan ke wajah pengguna.

"Butuh kurang dari 1 detik untuk membuka perangkat dengan facial unlock," kata Suwanto.

Saksikan video Peluncuran Oppo F5 di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed