Sabtu, 11 Nov 2017 14:10 WIB

Oppo dan Xiaomi Bikin Fitur ala FaceID iPhone X?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Ilustrasi. Foto: iPhone X Ilustrasi. Foto: iPhone X
Jakarta - Fitur baru iPhone yang dibenamkan Apple kadang menular ke produsen ponsel lainnya. Seperti misalnya penggunaan wajah sebagai identitas pemilik ponsel yang ditunjukan dalam fitur Face ID.

Fitur ini, sebagaimana diketahui, menjadi salah satu jagoan di iPhone X. Walaupun saat ini masih terdapat bug di sana sini, Apple sepertinya tengah berupaya keras menyempurnakannya.

FaceID, meski bukan hal baru, diprediksi bakal mempopulerkan teknologi pemindai wajah. Menurut laporan terbaru, vendor seperti Oppo dan Xiaomi bakal menerapkannya di produk terbarunya. Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (11/11/2017), kabarnya fitur pengenal wajah akan diterapkan keduanya di tahun 2018.

Namun Apple sepertinya takkan khawatir. Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo melalui pernyataannya meyakini bahwa Face ID dan sistem kamera TrueDepth yang dipakai di iPhone X membuat Apple memimpin kompetisi 2,5 tahun lebih maju di bidang teknologi tersebut.

Belum diketahui pasti apa benar kedua vendor tersebut akan menerapkan fitur yang mirip dengan iPhone X atau tidak. Walau demikian, penggunaan fitur yang serupa di antara produsen ponsel sudah bukan jadi hal mengherankan.

Bahkan, Country Manager Coolpad Kim Chen pernah menyebut jika tahun 2017 menjadi masa yang sulit bagi semua produsen smartphone. Hal ini dikarenakan tidak ada inovasi baru yang dihadirkan di setiap lini ponsel anyarnya.

Maka ketimbang membuat inovasi, Kim menyebut jika kebanyakan mereka menunggu inovasi apa yang ditelurkan Apple di ponsel barunya. "Orang-orang saat ini menanti Apple iPhone 8. Kita masih menunggu inovasi teknologi baru," ucap Kim pada bulan April lalu. (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed