Kamis, 09 Nov 2017 10:21 WIB

Drone Ini Bukan untuk Mainan

Yudhianto - detikInet
Drone X820. Foto: Dahua Drone X820. Foto: Dahua
Jakarta - Penggunaan drone tak lagi sebatas untuk kebutuhan konsumer. Pasalnya sebuah produsen bernama Dahua baru saja meluncurkan drone untuk kelas industri. Seperti Apa?

Adalah Drone X820, perangkat nirawak yang baru saja diumumkan Dahua di ajang Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017.

Dahua Drone dapat digunakan untuk keamanan area publik, seperti inspeksi gardu, pencegahan kebakaran hutan, pengaturan acara publik seperti konser musik atau acara olahraga, supervisi keamanan jembatan besar, mengawasi daerah tertentu yang sulit diakses, hingga membantu polisi pada kasus pelanggaran lalu lintas, kecelakaan, atau pengejaran orang.

Untuk mendukung tugas-tugas tersebut, drone Dahua dibekali kemampuan mapping jarak jauh, dapat membawa barang dengan berat tertentu, baterai hingga 35 menit, 30x zoom optikal, serta kemampuan adaptasi yang baik terhadap berbagai macam kondisi lingkungan.

"Contoh aplikasinya, drone Dahua dapat ditambahkan Thermal Camera, yaitu kamera yang dapat mendeteksi temperatur. Misalkan di hutan, Drone mendeteksi panas yang tidak wajar karena api, tentunya dapat membantu mencegah kebakaran yang lebih luas,"jelas Herry Tjhin, selaku Project Sales Manager Dahua Indonesia, dalam keterangannya.

Tapi drone X820 bukan satu-satunya perangkat yang jadi daya tarik Dahua di IIW 2017. Produsen ini memperkenalkan teknologi extended Power over Ethernet (ePoE), yang memungkinkan penggunaan kabel coaxial sebagai penghantar listrik dan data antara camera dan recorder, sehingga hanya butuh satu kabel untuk power dan data.

Di kesempatan yang sama, Dahua turut menghadirkan berbagai perangkat yang siap mendukung penggunaan ePoE. Antara lain seri kamera, recorder, dan switch hub.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed