Kamis, 09 Nov 2017 09:28 WIB

Prosesor APU Bikin AMD Gampang Cocok Sama Banyak Game

Yudhianto - detikInet
Peter Chamber, Director Consumer Sales APJ, AMD (tengah). Foto: yudhianto/detikinet Peter Chamber, Director Consumer Sales APJ, AMD (tengah). Foto: yudhianto/detikinet
Jakarta - Masalah kompatibilitas kerap jadi hambatan yang mengganggu gamer. Namun AMD mengklaim hal ini mudah diantisipasi di prosesor besutannya.

Alasannya, karena AMD sudah sejak lama mengandalkan prosesor berbasis APU (Accelerated Processing Unit). Keuntungan prosesor APU yang membenamkan prosesor dan chip grafis dalam satu chip memungkinkan AMD bisa lebih cepat mengatasi masalah kompatibilitas terhadap game.

"Untungnya pakai APU, kita bisa menghadirkan update (driver) terbaru lebih cepat. Jadi tiap ada game baru bisa langsung dapat update, sehingga pengalamannya (bermain game) memuaskan," ujar Peter Chamber, Director Consumer Sales APJ, AMD, di Thamrin Nine, Jakarta.

Masalah kompatibilitas game kerap diatasi produsen komponen PC dengan meluncurkan driver terbaru. Umumnya adalah driver chip grafis yang dirilis update-nya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Masalahnya, meski sangat jarang terjadi, update terbaru kadang juga meluncurkan masalah baru. Misalnya munculnya konflik antar satu komponen dengan komponen lainnya. Apalagi bila sistem yang digunakan mengandalkan komponen beda 'merk', semisal prosesor pakai merk A, sementara kartu grafisnya menggunakan merk B.

Di sinilah prosesor APU menunjukkan keunggulannya. Karena terbenam di satu platform, konflik antara prosesor dan grafis tentunya tak akan terjadi. Pasalnya pengembangan driver-nya juga berasal dari satu sumber yang sama, sehingga bila ada masalah bisa diketahui lebih dini ketika pengembangan berlangsung.

Dengan begitu, update driver yang dirilis ke publik seharusnya pun minim permasalahan.

Saksikan video AMD Luncurkan Prosesor Gesit untuk Notebook di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik!

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed