Rabu, 08 Nov 2017 18:20 WIB

AMD: Ryzen Bikin Kami Kembali Bertaring

Yudhianto - detikInet
Foto: yudhianto/detikinet Foto: yudhianto/detikinet
Jakarta - Seakan lama terdiam, AMD langsung menggebrak pasar seiring lahirnya Ryzen.

Tapi bukannya instan, Peter Chamber, Director Consumer Sales APJ, AMD, menyebut butuh proses tak sebentar bagi perusahaannya untuk menghadirkan inovasi di Ryzen. Apalagi AMD juga harus memperhatikan sektor harga yang terbilang sensitif bagi penggunanya.

Tapi usaha tersebut tidak sia-sia, produsen chip asal Sunnyvale, Amerika Serikat ini mengaku kembali optimis menjejaki pasar berkat Ryzen.

"Kami kembali, kami berinovasi. Memberi harga yang sesuai untuk pasar. Ryzen membantu kami kembali ke pasar, membangkitkan pasar," umbarnya, di Thamrin Nine, Jakarta.

Inovasi AMD pun berlanjut bersama diumumkannya prosesor Ryzen Mobile. Selain mengandalkan teknologi core Zen yang jadi inti prosesor Ryzen, AMD juga memadukan prosesor tersebut dengan chip grafis terbarunya, Vega.

Kombinasi ini menjadi Ryzen Mobile sebagai prosesor APU (Accelerated Processing Unit) pertama yang ditandem teknologi chip grafis anyar. Bandingkan dengan prosesor APU terdahulu yang biasanya dipadukan dengan teknologi chip grafis lawas.

"Pertama kalinya, membenamkan teknologi chip grafis terkini di APU kami. Biasanya teknologi grafis yang dipasangkan sudah tertinggal," jelas Peter.

Tercatat ada dua prosesor yang baru saja diluncurkan AMD. Masing-masing dinamai dengan sebutan Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Kelebihan prosesor ini terletak pada inovasi AMD yang berhasil memadukan core Zen dan chip grafis Radeon Vega.

Berkat kombinasi tersebut, Ryzen Mobile pun diklaim memiliki performa yang diklaim 44% lebih baik dibanding pesaing. Sementara performa grafisnya disebut mampu menyodorkan performa grafis yang melonjak hingga 161%.

Baik Ryzen 7 2700U maupun Ryzen 5 2500U mengandalkan teknologi quad core, tapi dengan delapan thread. Artinya, sistem akan mengenali seakan-akan kedua prosesor memiliki delapan core. Sedangkan kecepatan clock-nya berada di angka 3,8 Ghz untuk Ryzen 7 2700U, dan mencapai 3,6 GHz untuk Ryzen 5 2500U.

Perbedaan lain terletak di chip grafis yang tertanam di dalamnya. Radeon Vega yang tertanam di Ryzen 7 2700U dibekali compute graphics (Cu) units sebanyak 10 dengan clock sebesar 1.3 GHz. Menyusul Ryzen 5 2500U dengan chip grafis bertenaga CU units sebanyak 8 dan kecepatan clock 1,1 GHz.

Saksikan video AMD Luncurkan Prosesor Gesit untuk Notebook di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga video lainnya di 20detik! (yud/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed