Rabu, 08 Nov 2017 14:10 WIB

Dikalahkan Chrome, Mozilla: Kami Tak Cari Popularitas

Yudhianto - detikInet
Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinet Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinet
Jakarta - Firefox sempat menjadi browser yang paling digemari oleh pengguna internet. Namun kini posisinya berhasil digeser oleh Chrome seiring meningkatnya penggunaan Android.

Meski demikian Mozilla berkilah kalau popularitas sejatinya bukan tujuan yang diincarnya. Pembuat aplikasi browser ini punya misi yang ingin mengubah kebiasaan pengguna dalam menggunakan internet.

Dalam artian, Mozilla ingin menjadi influencer di dunia internet. Menjadi acuan bagi pengguna internet apa yang seharusnya dilakukan ketika mengakses internet.

"Yang ingin kami lakukan adalah mengubah kebiasaan pengguna dalam menggunakan internet. Kami ingin meng-influence market. Saat ini kami sudah punya market share yang cukup untuk melakukannya. Kami tidak mencari popularitas," ujar David Slatter, SVP Operations Mozilla, di Hotel Fairmont, Jakarta.

Firefox sendiri saat ini menempati peringkat kedua sebagai browser yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi berlogo rubah melingkar ini tercatat memiliki market share sebesar 27,3%, di bawah Chrome.

Sementara browser kepunyaan Google itu mendominasi dengan market share di atas 50%. Mengungguli Firefox, serta Safari dan UC dengan market share masing-masing berada di angka 6,4% dan 8,5%.

Saksikan video mengenai Mozilla Firefox di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(yud/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed