Kamis, 02 Nov 2017 07:04 WIB

WhatsApp Business Mulai Disebar, Apa Bedanya?

Yudhianto - detikInet
WhatsApp Business. Foto: istimewa WhatsApp Business. Foto: istimewa
Jakarta - Inovasi WhatsApp masih berlanjut. Layanan pesan instan ini mulai menebar yang namanya WhatsApp Business. Apa itu?

Sesuai namanya WhatsApp Business ditujukan untuk pengguna yang ingin memanfaatkan WhatsApp untuk kepentingan bisnisnya. Dalam artian, WhatsApp Business akan berperan sebagai penjawab untuk pertanyaan yang dilontarkan konsumen.

Bisa dibilang, WhatsApp Business akan menjadi platform customer service bagi bisnis.

Sejumlah kelebihan dibenamkan WhatsApp di versi bisnis ini yang tak akan ditemui di versi reguler. Yang pertama adalah, pengguna bisa mendaftarkan nomor telepon fixed line di aplikasi WhatsApp Business. Sementara di versi reguler hanya nomor mobile yang bisa digunakan.

Tapi WhatsApp tidak akan asal menerima nomor telepon fixed line yang didaftarkan. Nantinya akan dilakukan verifikasi, untuk memastikan kalau nomor yang didaftarkan merupakan milik bisnis terkait. Cara ini dilakukan untuk memastikan kalau satu nomor telepon mewakili bisnis tertentu. Sehingga tidak terjadi duplikasi nomor telepon bisnis.

Sebagai bukti verifikasi, WhatsApp Business akan menyematkan centang hijau di nama bisnis pengguna.

Kelebihan lainnya WhatsApp Business adalah pengguna bisa menjawab percakapan menggunakan fitur replies text. Dengan begitu setiap pesan yang maksud bisa langsung direspon.

Pengguna juga bisa menjadwalkan replies text. Misalnya ketika ada konsumen yang mengirim pesan di luar jam operasional, replies text akan menjawab agar konsumen kembali menghubungi besoknya.

WhatsApp Business juga menyodorkan semacam laporan statistik. Dari situ pengguna akan mendapat informasi berapa banyak pesan yang masuk, atau berapa banyak konsumen yang 'berkunjung' setiap harinya.

Saat ini status WhatsApp masih beta. Sementara hanya pengguna yang terdaftar sebagai beta tester yang bisa menjajalnya. Belum ketahuan kapan WhatsApp Business dirilis secara bebas.

O iya, sebagai pembeda logo WhatsApp Business mengunakan huruf B di tengahnya. Sedangkan di versi reguler, WhatsApp menyematkan ikon telepon.

(yud/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed