Curhat Asus, Sulitnya Membuat Zenfone 4 Selfie Pro

Curhat Asus, Sulitnya Membuat Zenfone 4 Selfie Pro

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 26 Okt 2017 19:05 WIB
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Layar Zenfone 4 Selfie Pro memang tidak dibuat penuh seperti iPhone X atau pun Galaxy Note 8, tapi Asus menemukan tantangan tersendiri saat membuatnya.

Hal tersebut diungkap Bryan Chang, Mobile Business Unit General Manager of Asus. Dia mengatakan, Zenfone 4 Selfie Pro dibuat cukup tipis dengan ketebalan hanya 6,8 mm.

Namun itulah kemudian yang menjadi tantangannya. Pihaknya harus mengakali betul bagaimana menempatkan banyak komponen dalam bodi ponsel yang tipis.

"Bodinya sangat tipis, tapi kami harus memasang baterai berkapasitas besar dan sensor kamera yang besar pula," kata Bryan saat berbincang usai peluncuran Zenfone 4 Selfie dan Selfie Pro di Jakarta, Rabu (25/10).

Sensor Kamera dan Audio Mumpuni
Sulitnya Membuat Zenfone 4 Selfie ProFoto: detikINET/Adi Fida Rahman


Di tempat yang sama, CEO Asus Jerry Shen mengatakan tantangan penyematan komponen mumpuni dalam Zenfone 4 Selfie Pro. Kamera menjadi salah satunya.

Vendor asal Taiwan itu menggunakan sensor IMX362 besutan Sony. Sensor ini diklaim sebagai yang terbaik saat ini di pasaran.

"Seseorang bertanya kepada saya, apa sensor kamera terbaik di dunia, Sony IMX 362. Kamu bisa googling, IMX362 adalah yang terbaik," kata Jerry.

Namun berbeda dengan kebanyakan vendor ponsel lain, Asus tidak menempatkan sensor tersebut di belakang. Mereka membenamkannya di bagian depan, demi hasil selfie makin memuaskan.

"Sebenarnya ini untuk kamera belakang, tapi kami menempatkannya di depan," kata pria berkacamata itu.

Sektor audio Zenfone 4 Selfie Pro tak luput diperhatikan. Asus menempatkan lima magnet speaker yang didukung dengan NXP Smart AMP yang menjanjikan suara lebih kaya, distorsi rendah dan juga suara lebih kencang. Bos Asus pun berupaya membuktikan klaim tersebut dengan menjajal speaker Zenfone 4 Selfie Pro di depan awak media.

"Sejernih kristal kan, saya sempat bandingkan dengan Galaxy S8, musik diputar secara bergantian, nyaris tidak bisa membedakan. Bahkan malah lebih baik dari Galaxy S8," klaim Jerry.

Saat ini Zenfone 4 Selfie Pro sudah resmi dirilis di Indonesia. Bagi yang berminat, Asus membanderolnya seharga Rp 4,999 juta. (afr/rns)