Rabu, 25 Okt 2017 14:11 WIB

Ada Campur Tangan Intel di Google Pixel 2

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Google Pixel 2 (Foto: Ars Technica) Google Pixel 2 (Foto: Ars Technica)
Jakarta - Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dilengkapi prosesor tambahan untuk pengolah gambar, yaitu Pixel Visual Core. Rupanya, Intel ikut campur tangan di dalam prosesor tersebut.

Dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (25/10/2017), Pixel Visual Core dikembangkan oleh Google bersama Intel. Mereka terpaksa mengembangkan chip itu sendiri karena saat ini tak ada chip lain yang bisa memenuhi kebutuhan Google tersebut.

Kehadiran chip ini di dalam Pixel 2 dan Pixel 2 XL sudah bisa dipastikan, karena chip ini terlihat ketika sebuah Pixel 2 XL dibongkar dan dilihat jeroannya. Pixel Visual Core menggunakan nomor serial yang dimulai dengan tulisan 'SR3', serupa dengan nomor serial yang digunakan oleh Intel pada chip buatannya.

Namun saat ini chip tersebut memang belum diaktifkan, jadi baik Pixel 2 dan Pixel 2 XL belum bisa memanfaatkan kecerdasan buatan yang ada di Pixel Visual Core. Pengaktifannya sendiri baru dilakukan saat Android Oreo 8.1 tersedia, versi developer previewnya disebut akan hadir dalam beberapa minggu ke depan.

Saat nanti sudah aktif, dua Pixel 2 anyar tersebut bisa memotret dengan performa lebih kencang ketika menggunakan teknologi HDR+, pun mengambil kerja AI dalam beberapa aplikasi. Daya tahan baterai juga dijanjikan akan meningkat, namun hanya dalam beberapa aplikasi.

Meski Intel sudah menyerah menggarap chip untuk perangkat mobile, namun terlihat mereka memang masih punya nama besar berikut kemampuan yang tinggi untuk dipilih sebagai partner oleh Google untuk membuat Pixel Visual Core. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed