Minggu, 22 Okt 2017 11:53 WIB

China Blokir Akses Seluler Apple Watch 3

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Sudah bukan menjadi hal yang mengherankan apabila China kerap memblokir sejumlah akses yang masuk ke negaranya. Nah, kini giliran Apple Watch Series 3 yang kena blokir.

Bukan pemblokiran perangkat yang di maksud di sini, melainkan pemblokiran terhadap akses seluler. Jadi, pengguna Apple Watch Series 3 tetap bisa menggunakan jam tangan pintarnya itu, tapi tanpa akses seluler sebagaimana yang menjadi fitur andalan.

Usut punya usut, hal ini dikarenakan pemerintah China menaruh perhatian terhadap eSIM yang diusung dalam perangkat. Menurut laporan The Wall Street Journal, eSIM adalah alasan mengapa akses seluler diblokir.

"Keuntungan dari perangkat yang mengusung eSIM adalah, dengan software, pengguna bisa memilih operator telekomunikasi dan paket komunikasi itu sendiri. Tapi di China, sistem baru itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana operator dan regulator dapat melacak identitas pengguna perangkat," tulis laporan seperti dilansir dari The Wall Street Journal, Minggu (22/10/2017).

Pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah China ini cukup menarik. Pasalnya, operator telekomunikasi setempat, yakni China Unicom sebelumnya telah menawarkan layanan seluler untuk Apple Watch pada akhir bulan September lalu.

Mendengar adanya pemblokiran ini, pihak Apple memberikan konfirmasi. "Kami mendapat informasi dari China Unicom bahwa fitur seluler baru di Apple Watch Series 3 telah dihentikan," tulis Apple.

Masih belum jelas kapan masalah ini akan diselesaikan. Namun, dengan dicabutnya akses seluler, maka konsumen di China mungkin bisa memilih opsi untuk model WiFI-only. (mag/mag)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed