Sabtu, 21 Okt 2017 11:46 WIB

Salip Intel, Samsung Bisa Bikin Chip 8 nm

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Ilustrasi (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Samsung sudah selesai mengembangkan proses pembuatan chip 8 nm-nya, lebih cepat 3 bulan dari waktu yang sebelumnnya dijadwalkan.

Pencapaian ini membuat Samsung kembali menyalip Intel, yang saat ini pun belum mulai memproduksi chip dengan pabrikasi 10 nm. Samsung menggunakan teknologi yang sama untuk produksi chip 10 nm dengan 8 nm, yang bernama 'low power plus'.

Penggunaan pabrikasi 8 nm ini bisa membuat bisa mengirit daya sebesar 10 persen, juga mengurangi ukuran chip sebanyak 10 persen. 8 nm bagi Samsung hanyalah sebuah jembatan untuk teknologi canggih yang selanjutnya.

Yaitu penggunaan teknologi 'extreme ultraviolet lithography', yang membuat mereka bisa menciptakan chip 7 nm. Namun untuk saat ini Samsung mungkin baru akan menggeber produksi chip 8 nm-nya, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Sabtu (21/10/2017).

Untuk melakukan hal itu, Samsung akan bekerja sama dengan Qualcomm. Dan pabrikasi 8 nm pun bakal hadir di lini prosesor Snapdragon keluaran 2018 mendatang. Bagi Samsung dan Qualcomm, pembuatan chip 8 nm ini bukanlah lompatan yang besar.

Namun bagi Intel, ini adalah pukulan telak bagi perusahaan yang pernah mendominasi pembuatan chip prosesor untuk berbagai perangkat elektronik. Pasalnya mereka sampai saat ini pun belum bisa memproduksi chip dengan pabrikasi 10 nm, dan tak akan terjadi sampai 2018 atau malah 2019 mendatang. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed